Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Dua Pesawat Su-27 TNI AU Akan Dilengkapi Jammer Pod

24 April 2017

Sorbtsiya active jamming ECM pod (photo : digitalcombatsimulator)

Dalam wawancara khusus dengan majalah Angkasa versi cetak April 2017 Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan :
“TNI AU juga sedang menyiapkan skadron khusus untuk perang elektonik, electronic warfare. Su-27 yang 01 dan 02 nanti akan datang dengan dilengkapi jammer pod.  Ke depannya kita pikirkan skadron khusus, terpisah untuk perang elektronik”.

Kutipan wawancara dengan KSAU dari majalah Angkasa (photo : defence.pk)

Sebagaimana diberitakan sebelumnya empat pesawat Sukhoi dari batch pertama sedang melaksanakan upgrade di Belarusia, pesawat ini adalah 2 Su-27 dengan nomor bodi TS-2701 dan TS-2702 dan 2 Su-30 dengan nomor bodi TS-3001 dan TS-3002. Dengan demikian paket upgrade pesawat ini termasuk didalamnya pemasangan jammer pod pada dua pesawat Su-27.

Belum ada informasi mengenai jenis jammer pod yang dipilih untuk pesawat Su-27 TNI AU, namun pemasangan jammer pod ini akan secara signifikan menaikkan kemampuan serang elektronik TNI AU sebagaimana yang telah dimiliki Angkatan Udara tetangga yaitu Australia, Singapore dan Malaysia. 

(Defense Studies)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *