Panglima TNI: Semua Pulau Terluar Akan Dijadikan Seperti Kapal Induk

13 Juni 2017

Pulau pulau terluar seperti Natuna, Morotai, Biak akan dibuat pangkalan militer terluar (photo : Imdex)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan TNI akan membuat pangkalan militer di semua pulau terluar yang ada di Indonesia. Pulau terluar ini akan difungsikan seperti kapal induk.

Hal itu diungkapkan Gatot saat buka bersama dengan Insan Pers di Balai Sudirman, Tebet Jakarta Selatan.

“Jadi sesuai dengan kebijakan yang saya sampaikan ke Presiden, pulau pulau terluar seperti Natuna, Morotai, Biak itu akan dibuat pangkalan militer terluar,” kata Gatot di Jakarta, Senin (12/6) malam.

Gatot menggambarkan pangkalan militer itu diibaratkan seperti kapal induk. Hanya saja kapal induk tersebut dalam bentuk pulau-pulau.

“Ibaratnya seperti kapal induk, tetapi pulau cuma pangkalan-pangkalan militer di situ ada,” ujar Gatot.

Pangkalan-pangkalan militer itu nantinya akan dibuat seperti pangkalan militer yang ada di Natuna. “Gambarnya liat saja Natuna, akan sama seperti Natuna,” kata Gatot.

Pulau Natuna

Sebelumnya, Presiden Jokowi, Menkopolhukam Wiranto dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, meninjau lokasi yang akan dijadikan pangkalan militer di Natuna.

Tiba di lokasi itu, Jokowi dan rombongan langsung diberi penjelasan oleh Direktur Zeni TNI Angkatan Darat, Brigjen Irwan.

Dia menjelaskan, nantinya di lokasi itu akan dibangun pangkalan militer terintegrasi. Misalnya, mess prajurit yang terintegrasi dengan hanggar pesawat, helikopter serta rumah sakit (RS).

“Kemudian Angkatan Udara juga membangun hanggar pesawat drone, kemudian perpanjangan runway pembangunan taxiway, bunker untuk pesawat tempur nantinya dan pusat Arhanud (Artileri Pertahanan Udara),” katanya dalam pemaparan kepada Presiden Jokowi.

Untuk kekuatan darat, akan dibangun satu Kompi Infantri, yang terletak di Desa Sungai Hulu. Kini, masih dalam proses pembangunan, yang turut ditinjau oleh Jokowi.

“Kemudian di Tanjung Seka juga nanti dibangun dermaga bunker kapal selam yang tahun ini masih dalam tahap survei,” kata dia.

Di Desa Tanjung Datuk, akan dibangun pusat radar. Sementara di Selat Lampa, lokasi yang dikunjungi Jokowi, akan dibangun dermaga atas air oleh TNI Angkatan Laut dan Yon Kompi Zipur oleh TNI Angkatan Darat.

“Inilah pangkalan-pangkalan yang dibangun oleh TNI Angkatan Laut yang berada di sekitar Natuna, baik Kompi Balai Prajurit dan segala macam,” katanya menambahkan.

Dermaga di Selat Lampa ini, lokasinya hanya beberapa meter dari pusat cold storage di bawah koordinasi Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dermaga  akan berbentuk L sepanjang 200 meter untuk bersandar kapal-kapal TNI Angkatan Laut.

(BatamNews)

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.2k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  ATM akan Diperkasakan Sebelum 2020 - Hishammuddin

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Turkey Develops Wheeled 155 mm Self-Propelled Artillery System