TNI AU Bangun Pangkalan Radar di Bengkulu Selatan

25 Oktober 2016

Padang Panjang, Bengkulu Selatan (image : GoogleMaps)

KOTA MANNA, BE – Bupati Bengkulu Selatan, H Dirwan Mahmud SH mengatakan, setelah Memorandum Of Understanding (MoU) pinjam pakai lapangan terbang (Lapter) II Padang Panjang selesai, pihak Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) berencana akan membangun pangkalan radar udara di Bengkulu Selatan. Lokasinya disepakati di Padang Panjang.

“Pihak TNI AU dalam waktu dekat akan membangun pangkalan radar, Pemda Bengkulu Selatan akan siapkan 20 hektar lahan di Lapter II,” ujar Dirwan, kemarin (23/10).

Dikatakan Bupati, Dengan dibangunnya pangkalan Radar tersebut, nantinya pihak TNI AU akan menempatkan anggotanya di Bengkulu Selatan. Sehingga nanti, pihak TNI AU akan memantau udara dari Bengkulu Selatan. Dengan begitu jika ada ancaman bagi keamanan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI), maka dapat terpantau oleh radar TNI AU.

“Fungsi Radar itu nanti, bisa memantau segala yang mengancam keamanan NKRI, sehingga dari radar itu nanti bisa segera terdeteksi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, sambung Dirwan, dengan adanya radar pemantau Udara, juga bisa memantau samudera Indonesia, sehingga bisa mengetahui kapal asing yang masuk ke perairan Indonesia. Dengan begitu untuk memantau kondisi Indonesia terutama Provinsi Bengkulu bisa dari Bengkulu Selatan.

“Semoga saja segera terwujud, sehingga nanti bisa menjaga wilayah udara dan lautan di Bengkulu Selatan,” demikian Dirwan. 

(Bengkulu Express)

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Senegal Berminat Beli CN-235 ke 3 dan 4, Kapal dan Kereta Api Buatan Indonesia

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Rusia Mungkin Terima MiG-41 Interceptor Tahun 2020