30 Juli 2017

Latihan Yonkav 1 di Puslatpur Marinir, Padang Cermin, Lampung. (all photos : Kostrad)

106 Anggota Yonkav 1 Kostrad Gelar Latihan Teknis dan Taktis

(Penkostrad). Batalyon Kavaleri 1 Kostrad  menggelar latihan Teknis dan Taktis Tingkat Kompi sebagai puncak latihan program Yonkav  1 TA. 2017. Latihan ini juga merupakan sarana untuk meningkatkan kemampuan teknis mau pun taktis satuan setingkat Kompi sejajaran Yonkav 1 Kostrad.


Latihan Teknis dan Taktis Tingkat Kompi yang diikuti oleh 106 orang personel Yonkav 1 Kostrad tersebut dilaksanakan mulai tanggal 19 s.d 23 Juli 2017 di Puslatpur Marinir, Padang Cermin, Lampung.

Latihan ini menggunakan 12 Ranpur Tank Leopard dan 1 Ranpur Tank Stormer APC. Latihan ini adalah Lanjutan dari latihan sebelumnya yaitu Latihan Uji siap Tempur Tingkat Peleton.


Digelarnya latihan ini merupakan salah satu upaya Pembinaan Satuan dan pemeliharaan serta peningkatan profesionalisme prajurit. Selain itu juga dimaksudkan agar para prajurit memahami dan mampu melaksanakan dan mengaplikasikan materi teknik serta taktik pemindahan pasukan dalam satuan setingkat kompi.

Saat  latihan, Koordinator Latihan Letkol Inf M. Mahbub (Waasops Kasdivif 1 Kostrad), menekankan kepada seluruh peserta latihan agar melaksanakan latihan dengan semangat dan sungguh-sungguh, memaksimalkan sarana prasarana pendukung yang ada serta memanfaatkan sebesar-besarnya latihan ini untuk meningkatkan kemampuan teknis mau pun taktis dalam hubungan satuan setingkat Kompi.


Letkol Inf M. Mahbub juga mengatakan, hasilnya nanti akan dapat dimanfaatkan untuk mendukung  kegiatan latihan lanjutan dalam tingkatan yang lebih besar seperti Latihan Antar Kecabangan (Latancab) mau pun Latihan Gabungan Antar Angkatan (Latgab TNI) dan yang paling penting dapat mendukung tugas pokok. (Kostrad)

Latihan Menembak Senjata Berat Yonkav 1 Kostrad 

LAMPUNG, Lensacomamdo.com – Batalyon Kavaleri 1 Kostrad  menggelar Latihan Menembak Senjata Berat (Latbakjatrat) Th 2017 bertempat di Puslatpur Marinir, Padang Cermin, Lampung. Sebagai Koodinator Latihan Kapten Kav Sony Wahyu Wijaya. Latihan tersebut dalam rangka untuk meningkatkan profesionalisme para prajurit Yonkav 1 Kostrad juga merupakan pembinaan kekuatan TNI AD dalam Program Kerja dan Anggaran Tahun 2017.


Dalam  latihan menembak yang dilaksanakan pada hari Rabu 26 juli 2017 tersebut digunakan 3 jenis senjata yaitu : senjata  kanon Leopard sasaran jarak 5000 meter,  Senjata  Mesin Berat (SMB 12,7 mm) sasaran jarak 300 meter dan senjata PSU 7,6 mm dengan sasaran jarak 300 meter.

Pasiops Yonkav 1 Kostrad, Kapten Kav Sony Wahyu Wijaya menyampaikan sasaran latihan yang ingin dicapai adalah  meliputi dua aspek diantaranya sasaran kuantitatif bagi seluruh personel  yang menjabat petembak senjata berat dan sasaran kualitatif dengan tujuan mampu menembak senjata berat Ranpur dengan baik.


Lebih lanjut Pasiops Yonkav 1 Kostrad mengungkapkan hasil yang harus dicapai dalam latihan menembak senjata berat tersebut adalah para petembak diharuskan mampu menghancurkan sasaran sesuai target yang ditentukan, dengan mengusung prinsip “First Round Kill” yang artinya peluru yang dilesakkan pertama itu harus mematikan.


Adapun tujuan Latihan Menembak Senjata Berat ini, kata Pasiops adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan petembak senjata berat ataupun Ranpur, agar semua personel petembak di satuan Batalyon Kavaleri 1 Kostrad khususnya dapat mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan terlebih lagi umumnya dapat mendukung tugas pokok TNI AD di masa-masa yang akan datang. (LensaComando)

Jangan lupa isi form komentar di bawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here