Skuadron Tempur Permanen akan Ditempatkan di Kupang Tahun 2022

05 Agustus 2017

Selain skuadron tempur, lanud Kupang juga akan ditingkatkan kelasnya dari B ke A (photo : Viva)

Pesawat tempur TNI AU ditempatkan permanen di Kupang pada 2022

Kupang, NTT (ANTARA News) – Markas Besar TNI AU menargetkan pada 2022 nanti satu skuadron pesawat tempur tetap sudah bisa ditempatkan di Pangkalan Udara TNI AU Eltari Kupang. Pada tahun itu, TNI memasuki fase pemenuhan keperluan esensial minimum III alias MEF III.

Komandan Pangkalan Udara TNI AU Eltari, Kolonel Penerbang Ronny Moningka, di Kupang, Jumat, menyatakan, “Penempatan satu skuadron pesawat tempur ini akan bersamaan dengan kenaikan tipe pangkalan udara ini dari tipe B ke tipe A.”

Jika itu terjadi maka komandan Pangkalan Udara (Utama) TNI AU Eltari akan diemban seorang marsekal pertama. Dengan begitu, akan ada juga skuadron teknik, batalion pasukan Korps Pasukan Khas, depo pemeliharaan, dan unit-unit pendukung lain. 

Posisi Pangkalan Udara TNI AU Eltari –dulu bernama Penfui, sesuai nama kawasan itu– sangat strategis. Hanya sekitar 300 kilometer dari negara tetangga, dan menjadi “benteng” paling selatan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Benua Australia.

Adapun bandara yang paling dekat dengan garis perbatasan negara adalah Bandara Haliwen, di Atambua, yang jaraknya sekitar 20 menit berkendara roda empat dari perbatasan dengan negara Timor Timur. Saat Operasi Seroja digelar, pangkalan udara inilah yang menjadi pangkalan aju militer Indonesia. 

Untuk bisa mewujudkan target itu, kata Moningka, TNI AU di sana terus berbenah diri, di antaranya membangun satu hanggar khusus bagi pesawat tempur.

“Saat ini masih terus dilakukan pembangunan secara bertahap. Dan setiap tahun akan selalu ada pembangunan untuk mendukung perubahan tipe itu dan sekaligus penempatan pesawat-pesawat tempur di sini.

Hingga kini, bermacam-macam pesawat tempur TNI AU hadir dan bertugas di Pangkalan Udara TNI AU Eltari. Sebagai misal, T-50i Golden Eagle yang tengah dalam misi Operasi Kilat Badik 2017 dan Operasi Lintas Cenderawasih. 

Selain itu, operasi penerbangan angkut militer reguler TNI AU juga selalu mendarat dan lepas landas di Pangkalan Udara TNI AU Eltari, dengan tipe pesawat terbang C-130 Hercules. 

(Antara)

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Jenderal Hyten : Perintah Serangan Nuklir dari Trump, Tidak Akan Serta-merta Dilakukan

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  2 JMSDF TC-90s Aircraft to be Delivered Next Month