Hercules A1336 Siap Diserah-Terimakan

Hercules A1336 Siap Diserah-Terimakan

12 Agustus 2017

Pesawat C-130H Hercules dengan nomor A1336 (all photos : Sid Mitchell)

Australia terus berupaya menyelesaikan pengiriman pesawat Hercules kepada TNI AU. Tampak dalam gambar, uji coba pesawat Hercules dengan nomor A1336 di Darwin sebelum pesawat ini dikirim ke Indonesia. Sebelumnya ketika berdinas di RAAF pesawat ini menyandang nomor registrasi A97-007. 

Indonesia pada era Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menanda-tangani pengadaan 9 pesawat Hercules seri C-130H dari pemerintah Australia. Dari jumlah tersebut 4 di antaranya adalah hibah dan 5 adalah pembelian dengan skema rekondisi.


Apabila kesembilan pesawat Hercules ini telah melengkapi aset TNI AU maka TNI AU akan 
mempunyai 3 skuadron pesawat angkut Hercules dengan jumlah keseluruhan sekitar 30 pesawat.

Skuadron yang mengoperasikan pesawat Hercules saat ini adalah Skuadron Udara 31 di Halim Perdana Kusumah, Jakarta, dan Skuadron Udara 32 di Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang kemudian untuk skuadron baru yaitu Skuadron Udara 33 yang akan ditempatkan di lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

(Defense Studies)

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *