Kasau Berikan Penghargaan Well Done Bagi 10 Crew C-130 Hercules A-1314

Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P memberikan penghargaan sertifikat Well Done kepada 10 crew pesawat C-130 Hercules A-1314 yang telah berjasa telah berjasa dalam menyelamatkan alutsista pesawat C-130 Hercules A-1314 di auditorium Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (14/8/17).

Penghargaan diberikan terkait keberhasilan crew dalam menyelamatkan pesawat dari kemungkinan kerugian yang lebih besar, seperti hancurnya pesawat, gugurnya awak pesawat maupun warga masyarakat lainnya.

Insiden pesawat terjadi pada 18 Juli 2017 saat melaksanakan test flight pesawat C-130 Hercules A-1314 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Dalam test flight yang sekaligus profisiensi penerbang Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma ini, turbin engine nomor 1pesawat A-1314 mengalami mailting engine. Dalam kondisi emergency, pilot dan awak pesawat berhasil mengatasi situasi dengan melakukan abort take off (membatalkan take off ) sehingga pesawat dan awaknya dapat terselamatkan.

HARUS BACA :  Penutupan Latihan Mupe Brigif Marinir TA 2017

“Tindakan penyelamatan yang dilakukan crew pesawat A-1314, dapat di nilai sebagai profesionalisme. Oleh karena itu saya berikan penghargaan Well Done kepada mereka, semoga penghargaan ini menjadi sebuah motivasi bagi crew pesawat khususnya dan seluruh personel TNI AU umumnya dalam meningkatkan kualitas kinerja dibidang masing-masing,” kata Kasau.

Seusai memberikan penghargaan Well Done, kepada media Kasau menyatakan, kondisi pesawat dalam keadaan baik, hanya bagian turbin engine nomor 1 yang mengalami gangguan. Saat ini TNI AU masih melakukan penyelidikan secara detail. Insiden tersebut tidak menganggu operasi penerbangan VVIP/VIP, karena sekarang semua penerbangan VVIP/VIP sudah dialihkan ke pesawat boeing, sementara fungsi pesawat A-1314 akan dialihkan sebagai pesawat cargo untuk mendukung kegiatan operasi.

HARUS BACA :  KRI Tenggiri-865 Koarmabar Tangkap 3 Kapal Penambang Timah Ilegal

Untuk meningkatkan profesonalisme pilot, TNI AU terus memasukan jam latihan simulator dalam silabus pendidikan penerbang TNI AU. Keberadaan simulator menurut Kasau sangat membantu kemampuan pilot dalam mencapai 15 jam terbang per bulan untuk setiap penerbang. “Katakan 5 jam disimulator, kemudian 10 jam dapat terbang, maka kita dapat meningkatkan kemampuan pilot dan sekaligus safe of flight. Sekarang terus kita kembangkan, untuk meraih profisiensi, sehingga penerbang dapat dikatakan profesional dalam tipe pesawat tersebut” jelas Kasau dihadapan awak media dalam keterangan persnya.

HARUS BACA :  Tim VBSS Prajurit Koarmada II Berlatih di KRI Sambu-902 – Militer.or.id

Hinga saat ini peran pesawat C-130 Hercules TNI AU sangat besar, sebagai tulang punggung Negara dalam tugas-tugas civic mission. Pesawat C-130 Hercules berperan besar alam misi kemanusiaan seperti angkutan bantuan kemanusiaan, bencana alam serta penerbangan angkutan udara militer (PAUM).

“Saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pangkoopsau l, Danlanud Halim Perdanakusuma beserta jajarannya yang telah berhasil membina satuannya, sehingga personel dan alutsista yang dipercayakan dapat melaksanakan tugas secara baik dan benar,”Pungkasnya.

HARUS BACA :  Akankah Militer Vietnam Pasang Kh-59MK2 di Su-30MK2?

Adapun sertifikat Well Done diberikan kepada 10 crew pesawat C-130 Hercules A-1314 diantaranya Kolonel Pnb. Adrian p. Damanik, ST, Kapten Pnb. Arifin Bayu Admaja, Kapten Pnb. Dimas Prawito W, Kapten Tek. Samris Naibaho, Lettu Nav. Andri Y.SST.Han, Peltu Komaruddin, Pelda Agus Nuryanto, Serka Jimmi Jahindo, Sertu Cornelis Tri S, Praka Andik Ika Cahyono.

HARUS BACA :  Black Eagles Korsel Tarik Diri dari Singapore Airshow

Hadir pada kesempatan tersebut Wakasau Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, Irjenau Marsda TNI Umar Sugeng Haryono, , Koorsahli Kasau Marsda TNI Usra Hendra Harahap , para Asisten Kasau, Pangkoopsau I serta pejabat Mabesau lainnya.

Photo : Hercules C-130 (Bill Campbell)

Sumber : SI

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.5k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  New Government Can Scrap Sub Plan, Says Wissanu

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here