Pilih Damai, FARC Kolombia Serahkan 8000 Senjata

Militer.or.id – Pilih Damai, FARC Kolombia Serahkan 8000 Senjata.

Dok. Gerilyawan FARC Kolombia (concienciaesnoticias.com)

Bogota – Pemberontak Kolombia, Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC), menyerahkan lebih dari 8.000 pucuk senjata dan hampir 1,3 juta butir amunisi saat pasukan tersebut dibubarkan dan tercapai kesepakatan damai dengan pemerintah, ujar Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Proses pelucutan senjata secara resmi disahkan pada Selasa, 15/8/2017 sebagaimana PBB, yang mengawasi pengembalian senjata, memindahkan pengiriman senjata terakhir dari sebuah kamp pembubaran pasukan di Fonseca, Provinsi La Guajira, yang merupakan satu dari lebih puluhan zona FARC telah tinggal sejak awal tahun.

HARUS BACA :  Militer Filipina Serang Militan Yang Menjadi Dalang Pengeboman Gereja

“Misi kami sampai sekarang, mengumpulkan 8.111 pucuk senjata dalam kontainer ini dan menghancurkan hampir 1,3 juta peluru,” ujar kepala misi PBB untuk Kolombia Jean Arnault pada acara pengiriman tersebut.

Jumlah senjata tersebut lebih banyak daripada 7.132 pucuk senjata yang semula PBB laporkan pada Juni.

Senjata itu akan digunakan sebagai monumen merayakan kesepakatan damai, yang disepakati tahun lalu antara Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) dan pemerintahan Presiden Juan Manuel Santos.

HARUS BACA :  Satgas TNI Konga 39-A/RDB Gelar Bakti Sosial di Kalemie Kongo
HARUS BACA :  Kiprah Batalyon Zeni Tempur 10 Kostrad di Lokasi Gempa

Sekitar 7.000 petempur FARC telah dibubarkan sesuai kesepakatan, yang memungkinkan kelompok itu memperoleh 10 kursi di Kongres sampai tahun 2026 dan memberikan amnesti kepada mayoritas mantan petempur.

Pemberontak yang dihukum oleh pengadilan khusus pelanggaran hak asasi manusia akan terhindar dari hukuman penjara tradisional, dan sebagai gantinya akan melakukan pekerjaan ganti rusi seperti pembersihan ranjau darat, Reuters/ Antara.

HARUS BACA :  Tahap Akhir Pembahasan Fregat Siluman India dengan Rusia

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Panglima TNI Sematkan Tanda Kehormatan kepada 68 Pati TNI

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Duterte Interested in Saár S-72 Warship