Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pasukan Indonesia Ungkap Peredaran Kokain di Haiti

Militer.or.id – Pasukan Indonesia Ungkap Peredaran Kokain di Haiti.

Pasukan Perdamaian Garuda Bhayangkara Indonesia (Tribratanews).

Jakarta – Pasukan perdamaian “Garuda Bhayangkara Indonesia” ikut terlibat dalam pengungkapan peredaran kokain di perkampungan pesisir pantai Anbouchi, wilayah Morency, South Department, Haiti.

“Daerah itu tepi pantai yang jauh dari jangkauan sebab akses jalan yang buruk dan melewati perbukitan terjal,” ujar Komandan Kontingen Garbha IV Minustah Ajun Komisaris Besar Polisi Dian, Nugraha pada Sabtu 19-8-2017, melalui keterangan tertulis di Jakarta.

Tim Garuda Bhayangkara Indonesia adalah pasukan Polri yang dikirim untuk menjaga perdamaian PBB di sebuah negara konflik.

Komisaris Besar Polisi Dian Nugraha mengatakan tim perdamaian Polri itu terlibat penggerebekan jaringan kokain bersama pasukan Individual Police Officer (IPO) yang dipimpin Deputy Police Komisariat Des Cayes, Dumont.

Tim Polri itu tergabung bersama pasukan Brigade de Lutte Contre le Trafic de Stupefiants (BLTS) atau pasukan khusus anti-perdagangan narkotika Kepolisian Nasional Haiti.

Penggerebekan juga melibatkan 2 penyidik kejaksaan setempat dan 3 orang UNPOL (United Nation Police) yang terdiri dari 2 orang IPO Indonesia yang bertugas sebagai drone operator.

Komisaris Besar Polisi Dian Nugraha menjelaskan operasi pemberantasan narkotika itu menggunakan “drone” untuk memantau obyek yang akan disasar karena lokasinya sulit dijangkau.

Oeprasi dilaksanakan Kamis 17-8-2017 dipimpin Deputy Police Komisariat Des Cayes, Dumont, sementara anggota perdamaian Indonesia bertugas mengoperasikan drone untuk memetakan area yang dijadikan tempat penyimpanan kokain.

Drone digunakan mengawasi kegiatan masyarakat setempat dan memastikan situasi kondusif, selanjutnya petugas gabungan internasional menggeledah 15 rumah dengan menemukan 11,136 kilogram kokain atau senilai 24,5 pound.

Tim Garuda Bhayangkara Indonesia berada di bawah naungan Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri yang mengirim 13 anggota termasuk 5 Polwan ke Haiti dipimpin Komandan Kontingen Garbha IV Minustah Komisaris Besar Polisi Dian Nugraha.

Pasukan Polri juga mengirimkan tim ke negara konflik lainnya yang membutuhkan pasukan perdamaian, seperti Kamboja dan Sudan. Dirilis Antara 19 Agustus 2017.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *