Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Latihan Gabungan AS Picu “Perang Nuklir Tak Terkendali”

Militer.or.id – Latihan Gabungan AS Picu “Perang Nuklir Tak Terkendali”.

Doc. 31st Marine Expeditionary Unit, dalam latihan di Semenanjung Korea. (US Navy / Petty Officer 3rd Class Cameron McCulloch)

Korea Utara mengancam akan melepaskan “serangan tanpa ampun” ke wilayah Amerika Serikat menjelang latihan militer gabungan AS-Korea Selatan.

Pyongyang memperingatkan latihan tersebut, yang akan dimulai pada hari Senin, adalah “perilaku sembrono yang mendorong situasi ke dalam fase perang nuklir yang tidak terkendali”.

Ribuan tentara akan ambil bagian dalam 10 hari simulasi militer, yang dirancang untuk mempersiapkan pasukan Amerika dan Korea Selatan untuk menghadapi konflik dengan Korea Utara, di tengah meningkatnya ketegangan di semenanjung tersebut.

Washington menggambarkan latihan tersebut sebagai “sifat defensif” namun Pyongyang telah mencela mereka sebagai latihan untuk perang.

“Deklarasikelompok Trump tentang latihan perang nuklir gegabah melawan DPRK [Partai Demokrat Rakyat Korea] … adalah perilaku sembrono yang mendorong situasi ke dalam fase perang nuklir yang tidak terkendali,” kata sebuah editorial di surat kabar pemerintah resmi Rodong Sinmun .

Harian itu menyatakan bahwa tentara Korea Utara dapat menarget wilayah daratan AS, Hawaii atau Pasifik di Guam setiap saat, mengklaim bahwa Amerika tidak dapat “menghindari serangan tanpa ampun”.

“AS harus memperhatikan pernyataan pemerintah DPRK bahwa kita tidak akan mengesampingkan penggunaan sarana akhir apapun,” diingatkan oleh artikel lain.

Ia menambahkan: “Tindakan sembrono dan liar AS dapat mempercepat kehancuran terakhirnya.”

Pyongyang mengatakan telah menyusun rencana untuk menembakkan empat rudal ke arah Guam namun pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan pekan lalu bahwa dia telah menunda keputusan untuk melakukan serangan tersebut.

Donald Trump mengatakan militer AS “locked and loaded” seandainya Korea Utara “bertindak tidak bijaksana”, setelah sebelumnya memperingatkan Pyongyang akan menghadapi “api dan kemarahan” jika terus mengancam Amerika.

Perang kata-kata yang meningkat, ditambah dengan kemajuan pesat Korea Utara dalam mengembangkan senjata nuklir dan rudal yang mampu mencapai daratan AS, telah memicu lonjakan ketegangan.

Situasi telah menambah tekanan pada AS dan Korea Selatan untuk menghentikan latihan militer tersebut. China, sekutu utama Korea Utara dan mitra dagang, menyerukan penghentian latihan tahunan dengan imbalan Pyongyang menghentikan program nuklirnya.

Tapi AS menolak mundur.

“Saran saya untuk kepemimpinan kami adalah kami tidak mengurangi intensitas latihan kami,” kata Joseph Dunford, ketua Kepala Staf Gabungan AS.

“Latihan sangat penting untuk menjaga kemampuan aliansi untuk mempertahankan diri”.

Militer AS menggambarkan perangkat lunak di balik latihan tersebut sebagai “simulasi komputer dengan wargaming canggih”. Tidak akan ada latihan lapangan selama latihan tersebut.

Sebagai bagian dari latihan, citra satelit militer yang mengorbit di atas semenanjung Korea kadang-kadang digunakan untuk mengintip jauh ke Korea Utara, kata mantan pejabat pemerintah Korea Selatan yang menolak untuk diidentifikasi.

AS memiliki sekitar 28.000 tentara di Korea Selatan. Banyak dari mereka akan bergabung dengan ribuan pasukan Korea Selatan dalam latihan tersebut.

Sekutu Korea Selatan lainnya juga bergabung tahun ini bersama dengan tentara Australia, Inggris, Kanada, Kolombia, Denmark, Belanda dan Selandia Baru.

Dikenal sebagai Ulchi Freedom Guardian, latihan gabungan tersebut berakar pada serangan 1968 di kompleks kepresidenan Blue House di Korea Selatan, ketika sebuah unit tentara Korea Utara diam-diam memasuki Korea Selatan dan gagal untuk membunuh presiden tersebut, Park Chung-hee.

AS telah melakukan latihan rutin “komando dan kontrol” di tahun-tahun setelah Perang Korea 1950-53, lalu menggabungkan latihan dengan militer Korea Selatan setelah serangan yang gagal tersebut, di mana semua kecuali dua komando Korea Utara terbunuh. Independent.co.uk.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *