Rudal Kalibr Rusia, Doktrin Perang Laut yang Baru

Rudal Kalibr Rusia, Doktrin Perang Laut yang Baru

Militer.or.id – Rudal Kalibr Rusia, Doktrin Perang Laut yang Baru.

Rudal Kalibr Rusia (Russian Defence Ministry)

Pada hari Jumat, 18/8/2017 sebuah kapal selam nuklir Rusia berhasil menembak sasaran di wilayah Arkhangelsk, Rusia barat laut, dengan rudal jelajah Kalibr.

“Hari ini, kapal selam nuklir serbaguna Armada Utara Severodvinsk berhasil melepaskan rudal jelajah yang berbasis Kalibr. Kru melakukan uji coba di bawah air dari lokasi uji Armada Utara di Laut Barents. Sasarannya adalah di tempat uji coba Chizha di wilayah Arkhangelsk, “Kata Angkatan Laut Rusia dalam siaran persnya.

Menurut pernyataan tersebut, rudal itu menempuh jarak sekitar 600 km atau 373 mil.

Kementerian Pertahanan Rusia juga merilis sebuah video yang menunjukkan peluncurannya.

Peluncuran uji coba tersebut merupakan bagian dari implementasi doktrin Rusia mengenai kegiatan angkatan laut pada tahun 2030, yang disetujui sebelumnya pada bulan Juli oleh pihak berwenang. Menurut dokumen tersebut, rudal jelajah presisi jarak jauh akan menjadi senjata inti angkatan laut Rusia pada tahun 2025.

“Doktrin itu sendiri dan langkah-langkah praktis yang dibuat untuk pelaksanaannya menunjukkan bahwa Rusia siap untuk menantang ambisi geopolitik Barat di darat dan di laut …. Rusia membuat keseimbangan dengan angkatan laut Amerika Serikat, dan setiap peluncuran rudal Rusia akan membuat para mitra Barat melihat kepentingan Moskow sebagai konsideran. Menjadi pertimbangan, ” ujar kontributor RIA Novosti dan komentator politik Alexander Khrolenko yang menulis artikel opinion section (op-ed).

Menurut penulis, senjata seperti rudal Kalibr akan membantu Rusia meningkatkan kehadirannya di lautan global, tanpa melanggar Perjanjian Kekuatan Nuklir Intermediate (InF Treaty).

Rudal Kalibr pertama kali digunakan dalam pertempuran oleh armada Kaspia Rusia melawan target ISIS di Suriah pada bulan November 2015. Rudal kalibr telah berulang kali ditembakkan dari kapal kelas Buyan-M dan kapal selam kelas Varshavyanka melawan target ISIS di Suriah. Karena rudal Kalibr memiliki jangkauan operasional hingga 2.500 km, peluncurannya dilakukan dari Laut Kaspia dan Laut Mediterania.

Kalibr family termasuk rudal presisi tinggi yang dapat diluncurkan dari peluncur berbasis darat, pesawat terbang, kapal selam dan kapal perang dalam kondisi cuaca yang buruk. Mereka bisa menghancurkan berbagai target darat dan maritim. Kalibr dapat dipersenjatai dengan beberapa jenis hulu ledak, termasuk permukaan-ke-udara, udara-ke-permukaan dan permukaan-ke-permukaan.

“Sejak mereka digunakan dalam pertempuran untuk pertama kalinya, rudal Kalibr telah menempuh jarak ribuan mil di sepanjang rute yang kompleks dan telah mencapai sasaran, tanpa terdeteksi oleh intelijen dan radar NATO. AS sangat memperhatikan kemampuan Kalibr dalam hal Konsep ‘terdistribusi lethality,’ “tulis Khrolenko.

Dia menunjukkan bahwa Kalibr akan membuat musuh potensial Rusia rentan dalam pertempuran apapun – darat, laut dan udara.

Sistem Kalibr berbasis laut mencakup rudal anti-kapal 3M-54/3m-54-1 dan rudal jarak jauh 3M-14 dengan hulu ledak 400 kg. Rudal 3M-14 bisa mencapai kecepatan maksimum 700 meter per detik dan memiliki jangkauan operasional lebih dari 2.000 kilometer.

Salah satu bagian yang paling menantang dalam pengembangan rudal jelajah adalah navigasi ke sasaran. Sebuah rudal jelajah diperkirakan akan menempuh ribuan kilometer sepanjang rute yang kompleks dan memberikan serangan presisi tinggi pada sasaran.

Rudal 3M-14E (bagian dari sistem Kalibr) didasarkan pada teknologi dan algoritma navigasi paling modern. Rudal ini memiliki sistem navigasi otonom gabungan. Kontrol rudal didasarkan pada sistem navigasi interial, termasuk radio-altimeter dan penerima GPS / GLONASS. Rudal tersebut bisa melaju di ketinggian 20 meter di atas laut dan 50-150 meter di atas tanah, turun hingga 20 meter saat mendekati sasaran.

Rudal Kalibr bisa bergerak sepanjang lintasan rumit yang bisa diatur ulang saat terbang, misalnya untuk menghindari area pertahanan rudal atau lanskap yang rumit. Hulu ledak bergerak pada tahap akhir penerbangan, menerobos sistem pertahanan rudal musuh dengan kecepatan hipersonik. Targetnya diperoleh dengan perangkat pencarian target otomatis. Sputniknews.com.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *