Pesawat N219 Terbang di Kota Bandung

Militer.or.id – Pesawat N219 Terbang di Kota Bandung.

Dok. Penerbangan Perdana Pesawat N219, 16/8/2017. (Foto : Donny Hidayat (Peneliti Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN)

Bandung – PT Dirgantara Indonesia kembali melakukan uji terbang pesawat N219 di landasan pacu Bandara Husein Sastanegara, Kota Bandung, Jawa Barat bersamaan dengan ulang tahun ke-41 perusahaan dirgantara tersebut.

Pesawat karya anak bangsa ini lepas landas Rabu 23-8-2017 sekitar pukul 09.15 WIB dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung dan berputar-putar di langit di atas Bandung dan mendarat sekitar pukul 10.00 WIB.

HARUS BACA :  Pererat Kebersamaan TNI-Polri Gelar Latihan Menembak

Uji terbang ini, sebelumnya akan disaksikan langsung Menristekdikti, namun mendadak tidak hadir, karena harus menghadiri rapat bersama presiden Joko Widodo.

Kapten penerbang Esther Gayatri Saleh kembali menjadi Pilot utama dalam uji terbang tersebut didampingi Kopilot Kapten penerbang Adi Budi Atmoko.

Direktur PT DI, Budi Santoso, mengatakan keberhasilan uji terbang pesawat N219 sangat penting sebagai pembuktian bahwa bangsa Indonesia mampu melaksanakan rancang bangun, testing, sertifikasi, hingga produksi.

HARUS BACA :  US Army Ungkap Rincian Konversi Tank M60 Jadi BMP-3
HARUS BACA :  Alutsista Yonif Raider 514 Kostrad di Festival Muharram Bondowoso

“Tidak ada technical Assistnce dari bangsa asing. Semua adalah hasil kerja keras olah pikir atau brainware bertahun-tahun dari para engineer Indonesia,” kata dia, Rabu, dirilis Antara, 23/8/2017.

Purwarupa pesawat ini, telah melaksanakan serangkaian pengujian dimulai dari wing static test, landing gear drop test, fungtional test engine off, medium speed taxi, high speed taxi, dan hopping.

Serangkaian tes, analisa, dan daya tahan tidak hanya sampai uji terbang saja, pesawat ini juga harus melewati uji kelelahan, yang membutuhkan 3.000 circle atau sejak mesin dihidupkan untuk terbang hingga mendarat dan kembali diparkirkan.

HARUS BACA :  Lapangan Tembak Pierre Tendean Diresmikan di Manado

Sebelumnya, pada 16 Agustus 2017 pesawat N219 hasil pengembangan riset PT Dirgantara Indonesia (DI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah diuji coba dan sukses dalam melaksanakan penerbangan pertamanya.

Tetapi, untuk sampai tahapan pemasaran, pesawat N219 harus melalui tahapan-tahapan uji sampai mendapatkan sertifikat kelaikan udara. Artinya pesawat N219 telah aman untuk mengudara.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Supporter Kostrad Beri Semangat Peleton Tangkas

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Pesan Mendag RI ke Rusia, Terkait Pembelian Su-35

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here