Pengebom Nuklir Rusia Terbang di Atas Samudra Pasifik

Pengebom Nuklir Rusia Terbang di Atas Samudra Pasifik

Militer.or.id – Pengebom Nuklir Rusia Terbang di Atas Samudra Pasifik.

Jet pengebom nuklir Rusia dilaporkan terbang di atas langit Samudra Pasifik, Laut Jepang, Laut Kuning, dan Laut Cina Timur, Kamis, 24 Agustus 2017. Aksi penerbangan pesawat tempur itu, tulis Reuters, membuat Jepang dan Korea Selatan murka.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya kepada media, Kamis, 24 Agustus, mengatakan jet pengebom Tupolev-95MS yang dijuluki “Beruang” oleh NATO itu terbang di perairan internasional dan dikawal oleh jet tempur Rusia lainnya, Sukhoi-35S dan A-50, jenis pesawat peringatan dini dan pengawas.

Namun demikian, Rusia tidak memberikan keterangan berapa jumlah pesawat pembunuh yang ikut dalam penerbangan tersebut, serta tidak menerangkan kapan dan mengapa mereka ikut ambil bagian dalam misi tersebut.

“TU-95MS adalah jet pengebom yang bertugas memberikan dukungan pengisian bahan bakar di udara selama misi penerbangan berlangsung,” bunyi pernyataan Kementerian.

Selama melakukan misi tempur, papar Kementerian, seluruh jet pengebom nuklir Rusia  itu dibayangi oleh jet militer Korea Selatan dan Jepang.

Rusia yang berbagi perbatasan dengan Korea Utara berkali-kali bersuara lantang mengenai munculnya ketegangan di Semenanjung Korea akibat program nuklir Pyongyang.

Photo : Tu-95MS (Sputnik)

Sumber : Tempo

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *