Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pesawat Tempur Melintas di Langit Yogyakarta Malam Hari

Militer.or.id – Pesawat Tempur Melintas di Langit Yogyakarta Malam Hari.

Selama sepekan ini, khususnya memasuki malam hari, terdengar suara pesawat tempur yang melintas di langit Kota Yogyakarta.

Ternyata suara tersebut berasal dari latihan terbang malam para calon pilot-pilot militer dari Sekolah Penerbang (Sekbang) Lanud Adisutjipto.

Calon-calon pilot militer tersebut, adalah para siswa PSDP A-31 Sekbang Lanud Adisutjipto angkatan ke-94 yang berlatih dengan para instruktur penerbang wingdik terbang Lanud Adisutjipto.

Adapun latihan terbang tersebut dimulai sejak hari Selasa (23/8/2017) malam, dan akan selesai besok Rabu (30/8/2017) malam.

Komandan Lanud Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir. Novyan Samyoga, MM menyampaikan bahwa latihan terbang malam punya kesulitan yang lebih tinggi karena hanya mengandalkan instrument yang ada di dalam cockpit.

“Demi keberhasilan tugas dan kegiatan dapat berlangsung dengan aman dan selamat, masing-masing siswa harus selalu bertindak sesuai prosedur. Latihan terbang ini diperuntukan untuk meningkatkan profesionalisme para calon penerbang, baik keahlian maupun kemampuan,” katanya, Selasa (29/8/2017).

Lebih lanjut, Danlanud mengatakan, bahwa dalam latihan kali ini bukan hanya meningkatkan kemampuan para penerbangnya saja.

Namun, pihaknya juga ingin melihat dan meningkatkan kesiapan para ground crew, serta melihat kekuatan alutsista yang dimiliki dalam pelaksanaan tugas tersebut.

Sementara itu, Komandan Skadron Pendidikan 101, Letkol Pnb HS. Romas ‘Condor’ disela-sela acara menuturkan, latihan terbang malam yang digelar pihaknya diikuti puluhan siswa Sekbang.

Selain itu, latihan terbang tersebut merupakan salah satu bagian dari serangkaian tahapan pendidikan, yang wajib ditempuh oleh para siswa di Sekbang.

“Untuk angkatan ke-94 Sekbang yang ikut 15 siswa. Selama latihan terbang, siswa-siswa ini akan menggunakan pesawat pesawat Grob. Mereka harus dapat melaksanakan latihan dengan baik agar dapat dinyatakan lulus,” pungkasnya.

Photo  : Grob TNI AU (Istimewa)

Sumber : Tribunnews

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *