Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Amerika Serikat Sukses Uji Rudal Pencegat Tebaru SM 6

Militer.or.id – Amerika Serikat Sukses Uji Rudal Pencegat Tebaru SM 6.

AS sukses uji rudal pencegat SM-6 ( Credit Latonja Martin/ US Missile Defense Agency)

Washington – Badan Pertahanan Rudal dan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) berhasil melakukan uji coba rudal dan mencegat rudal balistik jarak menengah, di lepas pantai Hawaii, ujar Letnan Jenderal Sam Greaves, Director of the Missile Defense Agency (MDA), dari Kementerian Pertahanan AS, dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, 30/8/2017. Uji coba ini dilakukan, beberapa hari setelah Korea Utara mengiji coba rudal melintasi wilayah Jepang.

Uji coba sistem penangkal rudal AS ini dilakukan di destroyer USS John Paul Jones dengan menggunakan Standard Missile-6 guided missiles, yang menyergap target medium-range ballistic missile.

“Kami bekerja sama dengan armada AS untuk mengembangkan kemampuan baru yang penting ini, dan ini adalah tonggak penting,” dalam meningkatkan kemampuan untuk mencegat rudal, kata Letnan Jenderal Sam Greaves. “Kami akan terus mengembangkan teknologi pertahanan rudal balistik agar tetap berada di depan, saat ancaman berkembang.”

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir terkait pengembangan program nuklir Pyongyang.

Amerika Serikat secara teratur menguji sistem pertahanan rudalnya, dan ini adalah kali kedua salah satu rudal Standard Missile-6 (SM-6) berhasil mencegat rudal balistik jarak menengah, katanya. Tes sudah lama direncanakan.

Tes rudal terbaru Korea Utara pada hari Selasa dini hari setempat, mendorong pemerintah Jepang untuk memberitahu penduduk untuk berlindung. Rudal itu melintasi pulau utara Hokkaido dan mendarat di laut. Tes tersebut dianggap sebagai tantangan langsung bagi Presiden Trump, yang telah mengancam pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, bahwa Amerika akan menanggapi dengan “api dan kemarahan” terhadap provokasi. (Nytimes).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *