Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Kostrad Adakan Penghijauan di Daerah Latihan Kostrad

Militer.or.id – Kostrad Adakan Penghijauan di Daerah Latihan Kostrad.

Kostrad Adakan Penghijauan di Daerah Latihan Kostrad

Bogor – Suatu harapan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kelestarian lingkungan yang berkesinambungan dan membawa manfaat besar dimasa yang akan datang. Untuk itu Dandenharrahlat Kostrad Letkol Inf Jos Suhartono beserta seluruh anggota mengajak warga masyarakat dan lembaga pendidikan disekitar daerah latihan Kostrad untuk melakukan penanaman berbagai jenis pohon buah sejumlah 1300 bibit yang sudah berhasil disemaikan oleh Dinas Kehutanan yang belokasi di Jl Raya Jakarta Bogor Cibinong, Kab Bogor, Jawa Barat.

Kostrad Adakan Penghijauan di Daerah Latihan Kostrad

Letkol Inf Jos Suhartono mengatakan, “Berkat kerja sama dari semua pihak dan Ridho Allah SWT pelaksanaan penghijauan di daerah latihan Kostrad bisa terlaksana dari mulai pembibitan dan penanaman pohon,sehingga besar harapan kami untuk dapat memiliki daerah latihan yang asri dan nyaman secara alami, sehingga pengguna dapat merasa betah dan tidak jenuh selama mengikuti kegiatan latihan.”

Disamping tujuan tersebut diatas kita juga sangat menyadari bahwa lokasi geografis daerah latihan Kostrad sangat rawan terhadap terjadinya bencana alam tanah longsor, sehingga sangat perlu dibangunkannya kesadaran dan keiklasan bagi generasi muda untuk dapat tampil dan berperan sebagai aktor sekaligus relawan penyelamat dari gersangnya bumi ini,” jelas Letkol Inf Jos Suhartono.

Kostrad Adakan Penghijauan di Daerah Latihan Kostrad

Adapun lokasi penghijauan dilaksanakan  di 3 tempat yaitu penghijauan yang berlokasi di daerah latihan Kostrad Sanggabuana di Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang, Cibenda di Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi dan Jatiluhur di Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta.

Jenis pohon yang ditanam yaitu pohon Matoa, Mangga, Rambutan, Nangka, Alpuket, Jambu dan Kelengkeng yang sudah disesuaikan dengan kondisi dan karakter tanah didaerah latihan agar lebih memudahkan dalam perawatan dan pemeliharaannya sehingga kegiatan penghijauan tidak sekedar seremonial saja, akan tetapi ada bentuk jaminan apa yang tertanam 100% dapat hidup dan bermanfaat sebagai daerah resapan air dan mencegah terjadinya longsor serta memiliki nilai ekonomis dari hasil buahnya.

Kostrad Adakan Penghijauan di Daerah Latihan Kostrad

“Kami selaku pimpinan Denharrahlat Kostrad mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuan dan partisipasi Bapak Anton dari Kantor Arsip Kehutanan selaku penyedia bibit serta warga masyarakat yang telah bersama-sama melakukan penanaman pohon secara gotong royong dan berusaha keras dengan penuh semangat menyelesaikan penanaman,” tutup Dandenharrahlat Kostrad Letkol Inf Jos Suhartono. Penkostrad. 31-8-2017.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *