KM Yora 03 yang Sempat Hilang, Ditarik ke Pulau Seram

Militer.or.id – KM Yora 03 yang Sempat Hilang, Ditarik ke Pulau Seram.

ilustrasi : Kapal Basarnas (basarnas)

Ambon – KM Yora 03 yang sempat hilang kontak sejak 25-26 Agustus 2017, ditarik KM. Nusantara Jaya V pada Sabtu 2-9-2017 dari perairan Pulau Obi, Maluku Tengah ke Dusun Pelita Jaya, Pulau Seram, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Kepala Basarnas Ambon, Setiawan, dikonfirmasi, Sabtu 2-9-2017, mengatakan, KM.Yora 03 yang ditemukan di perairan Pulau Obi pada 1 September 2017 itu ditarik ke Dusun Pelita jaya karena KM.Yora 06 menunggu di sana untuk mengevakuasi para anak buah kapal (ABK) ke Ambon.

HARUS BACA :  Pentagon Setuju Upgrade 162 Tank Abrams Maroko

“Kami memantau penarikan KM. Yora 03 melalui pesawat Twin Otter DHC – 6 Bakamla RI PK – BRT,” kata Setiawan. Penarikan armada penangkap ikan milik Yonas Noya itu pada Sabtu 2-9-2017 sekitar pukul 09.40 WIT dari perairan Pulau Obi.

Setiawan  mengemukakan, Basarnas bersama Bakamla dan TNI Angkatan Laut maupun pihak terkait melaksanakan koordinasi untuk menangani 14 orang penumpang dan Nakhoda KM Yora 03.

HARUS BACA :  Sembilan Fakta Menarik Tentang Jet Tempur F-35 – Militer.or.id
HARUS BACA :  Uji Terampil Gladi Tugas Tempur Lantamal I Belawan

Sedangkan, Raja (sapaan kepala desa) Galala, John van Cappella yang mengikuti pemantauan penarikan KM. Yora 03 bahwa armada penangkapan ikan ditarik ke Dusun Pelita jaya selanjutnya dievakuasi ke Ambon.

KM.Yora 06 dikerahkan untuk membantu pencarian KM. Yora 03 di perairan Pulau Buru, Pulau Seram hingga Pulau Obi. KM Yora 03 yang berangkat dari dermaga perikanan Galala-Ambon padal 23 Agustus hilang kontak sejak 25 Agustus 2017.

HARUS BACA :  Rudal Merapi Mampu Melesat Melebihi Kecepatan Suara

KM. Yora 03 yang dinakhodai Ishak Touhatu didampingi kepala kamar mesin (KKM), Amrosius Pieters bersama 12 ABK keluar dari pelabuhan Galala-Ambon pada 23 Agustus 2017 menuju perairan Pulau Seram, tepatnya perairan kabupaten Kabupaten Seram Bagian Barat. Antara, 2-9-2017.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here