Korea Utara Lakukan Uji Coba Bom Hidrogen

Korea Utara Lakukan Uji Coba Bom Hidrogen

Militer.or.id – Korea Utara Lakukan Uji Coba Bom Hidrogen.

Korea Utara Klaim Kembangkan Bom Hidrogen (Reuters/KCNA)

Seoul – Korea Utara melakukan uji coba nuklir keenam dan paling kuat pada hari Minggu, 3/9/2017 yang menurutnya merupakan bom hidrogen lanjutan untuk rudal jarak jauh, yang menandai peningkatan ketegangan dramatis rezim tersebut dengan Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya. .

Tes tersebut menuai kecaman internasional dengan cepat, termasuk dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang menggambarkan Korea Utara sebagai “negara nakal” dan mengatakan tindakannya “sangat bermusuhan berkelanjutan dan berbahaya bagi Amerika Serikat”.

Trump juga tampaknya memarahi sekutunya Korea Selatan, yang menghadapi ancaman eksistensial dari program nuklir Korea Utara.

“Korsel menemdapatkan, seperti yang telah saya katakan kepada mereka, bahwa pembicaraan mereka tentang peredaan ketegangan dengan Korea Utara tidak akan berhasil, mereka hanya mengerti satu hal!” Kata Trump di sebuah tweet pagi.

Gedung Putih mengatakan bahwa Trump akan mengadakan pertemuan penasihatnya pada hari Minggu.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang bertemu di sela-sela pertemuan puncak BRICS di China, setuju untuk “menangani dengan tepat” dengan uji coba nuklir Korea Utara, kantor berita Xinhua melaporkan.

Beberapa jam sebelum uji coba, Trump telah berbicara melalui telepon dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tentang “meningkatnya krisis nuklir di wilayah ini.

Presiden A.S. sebelumnya telah berjanji untuk menghentikan Korea Utara mengembangkan senjata nuklir dan mengatakan bahwa dia akan melepaskan “api dan kemarahan” pada rezim tersebut jika mengancam wilayah A.S.

Pekan lalu Trump mengatakan bahwa waktu untuk berbicara telah berakhir, meskipun kemudian dia dibantah oleh menteri pertahanannya, James Mattis, yang mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak menghabiskan semua opsi diplomatik.

Tweet Trump pada hari Minggu, sekali lagi menekankan dia memilih solusi non-diplomatik. Pertanyaan besar sekarang adalah apakah penasihatnya seperti Mattis dan Sekretaris Negara Rex Tillerson dapat membujuknya untuk tidak terlalu terburu-buru keluar dari jalur diplomasi.

Korea Utara, yang melaksanakan program nuklir dan misilnya untuk menentang resolusi dan sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengatakan di televisi pemerintah bahwa tes bom hidrogen yang diperintahkan oleh pemimpin Kim Jong Un telah menjadi “kesuksesan sempurna”.

Bom tersebut dirancang untuk dipasang pada rudal balistik antarbenua yang baru dikembangkan (ICBM), kata Korea Utara.

Tes tersebut telah tercatatr di badan seismik internasional sebagai gempa buatan manusia di dekat lokasi uji coba di Korea Utara. Pejabat Jepang dan Korea Selatan mengatakan bahwa gempa tersebut sekitar 10 kali lebih kuat daripada gempa yang terjadi setelah uji coba nuklir terakhir Korea Utara setahun yang lalu.

Tidak ada konfirmasi independen bahwa peledakan itu adalah bom hidrogen, ketimbang perangkat atom yang kurang kuat, namun Sekretaris Jenderal Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan bahwa Tokyo tidak dapat mengesampingkan kemungkinan tersebut.

Para ahli yang mempelajari dampak gempa yang diakibatkan oleh ledakan tersebut – yang diukur oleh Survei Geologi A.S. pada skala besar 6,3 – mengatakan bahwa ada cukup bukti kuat untuk menyatakan negara tertutup tersebut telah mengembangkan bom hidrogen atau semakin dekat.

Kepala pengawas nuklir U.N., Direktur Jenderal IAEA Yukiya Amano mengatakan bahwa uji coba nuklir adalah “tindakan yang sangat disesalkan” yang “mengabaikan sama sekali tuntutan berulang masyarakat internasional”.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan bahwa Seoul akan mendorong langkah kuat untuk mengisolasi Korea Utara, termasuk sanksi PBB yang baru. Jepang juga menaikkan prospek sanksi lebih lanjut, dengan mengatakan bahwa pembatasan perdagangan minyak Korea Utara akan bisa dijalankan.

China, satu-satunya sekutu utama Korea Utara, mengatakan bahwa pihaknya dengan keras mengecam uji coba nuklir tersebut dan mendesak Pyongyang untuk menghentikan tindakannya yang “salah”.

Saat uji coba berlangsung, orang-orang di kota Yanji di China, di perbatasan dengan Korea Utara, mengatakan bahwa mereka merasakan getaran yang berlangsung sekitar 10 detik, diikuti oleh gempa susulan.

“Saya sedang makan siang di perbatasan di Yanji saat kami merasakan seluruh bangunan goyang,” kata Michael Spavor, direktur Paektu Cultural Exchange, yang mempromosikan hubungan bisnis dan budaya dengan Korea Utara. “Itu berlangsung sekitar lima detik. Sirene serangan udara kota mulai berbunyi. ”

Gempa yang dipicu oleh uji coba nuklir Korea Utara telah meningkat secara bertahap dalam jumlah besar sejak tes pertama Pyongyang di tahun 2006, yang mengindikasikan bahwa negara yang terisolasi terus meningkatkan kekuatan destruktif teknologi nuklirnya.

Organisasi Perjanjian Pelarangan Uji Coba Komprehensif (CTBTO) di Wina mengatakan telah mendeteksi “peristiwa seismik yang tidak biasa” di Korea Utara yang lebih besar dari uji coba nuklir sebelumnya.

“Misi Korea Utara cukup jelas ketika sampai pada tes atom terbaru ini: untuk mengembangkan persenjataan nuklir yang bisa menyerang seluruh wilayah Asia dan tanah air AS,” ujar, Harry Kazianis, direktur studi pertahanan di Pusat Konservatif Kepentingan Nasional di Washington.

“Tes ini hanya satu langkah menuju tujuan seperti itu. Tak satu pun dari kita harus terkejut dengan tindakan Pyongyang yang terbaru.”

Seorang pejabat intelijen A.S. mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak memiliki alasan untuk meragukan Korea Utara telah menguji perangkat nuklir tingkat lanjut.

“Kami tidak memiliki alasan untuk meragukan bahwa ini adalah ujian terhadap perangkat nuklir yang modern,” kata pejabat tersebut, yang tidak bersedia disebut namanya. Korea Utara mengklaim telah menguji sebuah bom hidrogen canggih untuk rudal jarak jauh pada hari Minggu, 3/9/2017.

Pejabat A.S. mengatakan, bagaimanapun, perlu beberapa saat untuk menyelesaikan analisis menyeluruh tentang ukuran ledakan dan jenis perangkat yang diledakkan. (reuters).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *