Papua Barat Upgrade Runway Bandara Pegunungan Arfak

Papua Barat Upgrade Runway Bandara Pegunungan Arfak

Militer.or.id – Papua Barat Upgrade Runway Bandara Pegunungan Arfak.

Danau Anggi Gida, Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat (twitter : Bernadus Wof – @bernadwf)

Manokwari – Pemerintah Provinsi Papua Barat tahun ini akan memperpanjang landasan pacu (runway) bandar udara Irey di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat Max L Sabarofex di Manokwari, Selasa, 5/9/2017 mengatakan pemprov sudah mengalokasikan anggaran Rp 5 miliar melalui APBD tahun 2017.

Max L Sabarofex menyebutkan pemerintah Pegunungan Arfak telah membebaskan lahan sepanjang 200 meter dari ujung “runway”.

Sejumlah bangunan akan direlokasi untuk mendukung pengembangan bandara udara Irey.

“Seperti gedung sekolah SMP, itu nanti akan dipindah. Pemerintah daerah telah menyiapkan lokasi baru untuk sekolah tersebut,” ujarnya.

Selain memperpanjang “runway”, pemerintah Papua Barat pada tahun ini juga akan melanjutkan pembangunan “drainase” (saluran air) sekitar bandara, karena tidak ingin air menggenangi landasan pacu dan mengganggu sistem keselamatan.

Menurut Max L Sabarofex,Ggubernur Papua Barat perduli dengan mengembangkan sejumlah bandara di daerah-daerah, termasuk Pegunungan Arfak sebagai daerah otonomi baru yang kaya akan potensi sumber daya alam.

Kabupaten baru ini membutuhkan dukungan untuk mengembangkan daerah. Pembangunan infrastruktur perhubungan dinilai sebagai kebutuhan yang cukup mendesak.

Topografi wilayah Pegunungan Arfak berbeda dari yang lain. Di sisi lain alam Arfak punya potensi luar biasa, dari pariwisata hingga perkebunan dan pertanian,” ujarnya, dirilis Antara.

Sudah sejak beberapa tahun lalu, bandara Iray dioperasikan, meski saat ini hanya bisa melayani penerbangan pesawat kecil.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *