Kasau Indonesia-Singapura Joint Fly-Past RISING 50

Kasau Indonesia-Singapura Joint Fly-Past RISING 50

Militer.or.id – Kasau Indonesia-Singapura Joint Fly-Past RISING 50.

Kasau Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala RSAF Mayjen Mervyn Tan, Fly Past RISING-50, TNI AU & RSAF, 7/9/2017 (@_TNIAU)

Pekanbaru – Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Angkatan Udara Singapura (RSAF) Mayor Jenderal Mervyn Tan melakukan terbang formasi bersama membentuk angka “50”, serangkaian peringatan 50 tahun hubungan Indonesia-Singapura, Kamis,7/9/2017.

“Menurut saya ini adalah pertama kali dalam sejarah. Kedua negara melakukan ‘combined flypast’ formasi angka 50 dengan baik,” ujarKasau Hadi, di Pekanbaru, Kamis.

KASAU tiba di Pekanbaru usai 20 pesawat F16 “fighting falcon” Angkatan Udara Indonesia dan Singapura menyelesaikan misi “combined flypast”. “Combined flypast” melibatkan dua puluh pesawat tempur F-16 angkatan udara kedua negara.

Kasau Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala RSAF Mayjen Mervyn Tan, Fly Past RISING-50, TNI AU & RSAF, 7/9/2017 (@_TNIAU)

KASAU turut ikut terbang pada salah satu F16 yang dipiloti Letkol Yoga Ambara, begitu pun Mervyn Tan yang turut terbang menggunakan F16 angkatan udaranya.

Dalam peringatan itu, angkatan udara kedua negara juga menggelar formasi “arrow ahead” dan “bom burst”. Formasi terakhir dilakukan oleh enam F15 dari RSAF.

“Ini menunjukkan hubungan kedua negara yang semakin baik, dan semakin erat antara Republik Indonesia dan Singapura,” kata Marsekal Hadi.

Joint Fly-Past RISING-50 TNI AU – RSAF, 7/9/2017 (Sekretariat Kabinet)

Hal senada diungkapkan Mervyn Tan yang mengatakan kegiatan itu merupakan hal yang beserjarah bagi kedua negara.

“Sangat bersejarah bagi angkatan udara dua negara. Ini yang pertama kali terbang bersama dengan formasi yang sulit dan butuh keahlian serta kepercayaan,” ujar Mayjen Tan.

Mayjen Tan mengatakan tidak mudah untuk melakukan formasi “combined flypast” yakni TNI AU membentuk angka “5” dan Singapura angka “0”. Menurut dia, hal itu dapat dilakukan karena hubungan baik antara Indonesia dan Singapura yang telah terjalin dengan baik selama ini.

Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Lanud RSN, Pekanbaru, 7/9/2017 (@_TNIAU)

Indonesia dan Singapura sudah menjalin hubungan bilateral sejak 1967. Kedua negara bertetangga menjalin kerja sama dalam sejumlah sektor.

RISING 50, merupakan singkatan nama dari kedua negara yakni Republik Indonesia dan Singapura yang telah menjalin hubungan selama 50 tahun. (Antara).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *