Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Carmel…Tank Canggih Masa Depan Israel

Militer.or.id – Carmel…Tank Canggih Masa Depan Israel.

Setelah hampir 15 tahun masih berupa wacana dan perbincangan hangat, Israel berencana akan mengembangkan tank termodern Carmel yang akan menjadi pendamping dan tandem tank Merkava di masa depan.

Tank Carmel yang gesit dan lincah sangat sesuai dalam perang modern dan perang kota yang ketat di masa depan, membantu kinerja tank Merkava yang berat dan kaku.

Mirip dengan tank Merkava Mark IV, Carmel juga akan dilengkapi sistem proteksi aktif Trophy, yang memungkinkannya untuk menghadang rudal anti-tank yang menyerangnya. Dalam kondisi tertentu, Carmel akan memiliki kemampuan “tak terlihat” dengan jejak panas, radar dan suara yang rendah karena menggunakan tenaga hybrid elektrik.

Dengan mesin listrik, Carmel akan menjadi kendaraan perang yang senyap, cepat dan hybrid. Dengan ukuran yang lebih kecil dari MBT Merkava, Carmel hanya memerlukan personel yang kecil, cukup dua personel. Keduanya akan berperan sebagai komandan dan operator. Carmel dilengkapi dengan helm cerdas yang menciptakan simulasi lingkungan sekitar, dan tidak perlu secara fisik melihat ke luar kendaraan sama sekali.

Kabin Carmel akan dikelilingi oleh layar sentuh besar yang menampilkan semua panorama di sekitarnya dan memandu pergerakan Carmel dengan menggunakan kamera cerdas dan sistem deteksi musuh. Carmel dapat berfungsi juga sebagai pelindung konvoi tank dan kendaraan lapis baja lainnya.

Tank Carmel dilengkapi persenjataan yang sangat fleksibel, personel cukup menggunakan joystick untuk mengoperasikan persenjataan yang mampu digerakkan dengan sudut 60 – 80 derajat, dalam perang kota disudut-sudut gedung tinggi, Carmel dapat membombardir target yang berada di bangunan bertingkat tinggi di atas.

Masih belum jelas kapan Israel akan mulai diperkuat tank future Carmel, dalam beberapa pemberitaan yang beredar terungkap, tiga tahun kedepan Israel sudah bisa menyelesaikan pengembangan tank Carmel.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *