Marinir Indonesia – Amerika Serikat Gelar Latihan Bersama di Situbondo

Marinir Indonesia – Amerika Serikat Gelar Latihan Bersama di Situbondo

Militer.or.id – Marinir Indonesia – Amerika Serikat Gelar Latihan Bersama di Situbondo.

Korps Marinir TNI AL dengan United States Marine Corps (USMC) untuk kesekian kalinya melaksanakan Latihan Bersama (Latma) di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur.

Latihan Bersama ini merupakan bagian dari latihan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2017. Asops Kasal Laksamana Muda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E. mengatakan, latihan Carat 2017 ini memiliki banyak arti penting.

“CARAT 2017 tidak hanya meningkatkan profesionalisme Angkatan Laut kedua Negara, tetapi juga meningkatkan dan memperkuat hubungan baik antara Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Amerika,” ungkapnya dalam pidato sambutan di lapangan apel Puslatpur Korps Marinir sesuai siaran pers yang diterima detikcom, Kamis (7/9/2017).

Latihan Carat 2017, lanjutnya, adalah implementasi di lapangan dari kerja sama bilateral di bidang pertahanan antara kedua negara dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerja sama kedua negara di bidang Maritim yang berfokus pada kerja sama dan kemampuan untuk melaksanakan operasi gabungan laut dan udara, latihan bersama keamanan laut dan kegiatan sosial.

“Saya yakin latihan Carat 2017 akan meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, saling pemahaman dan memberikan kontribusi positif untuk memperkuat hubungan Angkatan Laut Kedua Negara”, tegasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Asops Kasal menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta latihan dari Angkatan Laut Indonesia–Amerika dan Marinir Indonesia–Amerika yang terlibat dalam latihan Carat 2017. Asops Kasal juga mengingatkan akan pentingnya faktor keamanan selama latihan.

“Yang tidak kalah pentingnya utamakan faktor keamanan, sehingga latihan benar-benar zero accident”, pungkasnya.

Prajurit Marinir Amerika (USMC) mendarat di pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi pada Rabu 6 September 2017 menggunakan kapal USNS Millinocket. Kemudian para prajurit negara Paman Sam ini bergeser menuju Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Korps Marinir Baluran.

Kegiatan dilanjutkan penyematan tanda peserta latihan oleh Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letkol Mar Prasetyo Pinandito pada hari Kamis, 7 September 2017 di lapangan apel Puslatpur Korps Marinir Baluran.

Prasetyo mengatakan, materi kegiatan yang akan dilatihkan meliputi menembak senapan, menembak mortir 60 mm, GPMG, sniper, jungle survival, pertahanan, patroli dan raid. Untuk daerah latihannya yaitu di Puslatpur Korps Marinir Baluran dan Selogiri.

“Selain berlatih, juga akan dilaksanakan kegiatan olahraga bersama dan fun game, dengan tujuan untuk mempererat hubungan Marines Brotherhood”, pungkasnya.

Photo : Marinir Latihan CARAT 2017 (Istimewa)

Sumber : Detik

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *