Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

AAL dan ITS Kerja Sama Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pertahanan

Militer.or.id – AAL dan ITS Kerja Sama Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pertahanan.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya mematangkan kerja sama dengan Akademi Angkatan Laut

Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mematangkan kerja sama dengan Akademi Angkatan Laut yang diwujudkan dengan audensi dari pejabat ITS dipimpin Wakil Rektor Bidang Penelitian, Inovasi dan Kerjasama Prof. Ketut Buda Artana ke Akademi Angkatan Laut.

Rombongan pejabat ITS ini diterima Sekretaris Lembaga Akademi Angkatan Laut (Seklem AAL) Kolonel Laut (P) Hadi Pranoto, S.Sos., M.Si. (Han) dan pejabat utama AAL, Jumat 8-9-2017 di Mako Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur.

Kerja sama ini mengacu pada Piagam Kesepakatan Bersama antara Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan TNI Angkatan Laut Nomor PKB /08/V/2014 dan Nomor 28/MoU/ITS/2014.

Dalam audensi, ITS memaparkan kesepakatan kerja sama yang meliputi bidang pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan, pengalaman dan keterampilan sumber daya manusia kedua pihak.

Selain itu juga kerja sama di bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pertahanan matra laut serta pertukaran data informasi ilmiah untuk kedua pihak dengan memperhatikan kerahasiaan untuk kepentingan pertahanan dan keamanan negara.

Kerja sama di bidang pengabdian kepada masyarakat meliputi pemberdayaan masyarakat maritim, kegiatan kemasyarakatan di bidang olah raga perairan, kepariwisataan bahari dan kepramukaan Saka Bahari, serta kegiatan-kegiatan lain untuk meningkatkan kecintaan akan laut dan kesadaran bela negara.

Potensi kerja sama akademik antara ITS dengan AAL diantaranya yaitu riset bersama, kerja sama tenaga akademik, pemanfaatan laboratorium, pengembangan kurikulum, pengembangan inovasi dan pendidikan wawasan kebangsaan.

Selain itu kerja sama dalam bidang pendidikan vokasional, bisnis manajemen, teknik kelautan, teknik informasi, sains serta kerja praktek lapangan. (Pen ALL).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *