Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pesawat Tempur Misterius AS Jatuh Tewaskan Pilot Terbaiknya

Militer.or.id – Pesawat Tempur Misterius AS Jatuh Tewaskan Pilot Terbaiknya.

Dua A-10 Warthog jatuh pada hari Rabu malam saat mengikuti misi pelatihan di Nevada Test and Training Range di Nevada selatan. Disaat yang hampir bersamaan, sebuah kecelakaan lain yang misterius terjadi pada 5 September.

Kecelakaan tersebut menewaskan pilot uji yang sangat berpengalaman dan jenis pesawat yang terlibat kecelakaan masih dirahasiakan oleh AS. Hanya yang diketahui pesawat tersebut adalah milik Air Force Material Command.

Pilot yang meninggal dalam insiden tragis tersebut adalah Letnan Kolonel Eric Schultz. Pilot ke-28 yang pernah menerbangkan Strike Fighter F-35 dan ikut berpartisipasi dalam program uji selama periode perkembangan F-35. Eric Schultz adalah pilot yang berpengalaman dan professional, kematiannya merupakan kerugian yang sangat besar bagi Angkatan Udara AS.

Kecelakaan dilaporkan terjadi kira-kira 100 mil utara Las Vegas, jauh di dalam area Nevada Test and Training Range. Fakta bahwa pesawat tersebut dimiliki oleh Air Force Material Command kemungkinan besar berarti pesawat terbang itu merupakan pesawat uji, yang mungkin saja F-16 atau F-35 atau sebuah jet tempur lain yang masih dirahasiakan.

Fakta bahwa USAF tidak akan mengungkapkan jenis pesawat yang terlibat dalam kecelakaan tersebut sangat mencurigakan dan menunjukkan kemungkinan pesawat yang jatuh bisa menimbulkan masalah yang sensitif bagi AS.

Pesawat tempur F-35 yang berbasis di Nellis AFB dimiliki oleh Air Combat Command, namun F-35 yang berbasis di Edwards AFB sebagian besar dimiliki oleh Air Force Material Command. Pesawat ini bisa dan memang menggunakan Nellis Range Complex untuk keperluan pengujian. Masih belum jelas program atau unit apa yang ditugaskan oleh pilot Schultz saat kecelakaan terjadi.

Area 51 dan Tonopah Test Range Airport keduanya berada di sekitar lokasi kecelakaan itu terjadi. Kedua instalasi tersebut sudah sangat terkenal sebagai tempat uji program pesawat terbang milik AS.
Thedrive.com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *