Korea Selatan Luncurkan Kapal Selam 214-AIP

Militer.or.id – Korea Selatan Luncurkan Kapal Selam 214-AIP.

dok. Kapal selam type 214 Korea Selatan (bemil.chosun.com)

Seoul – Angkatan Laut Republik Korea meluncurkan kapal selam kesembilan Son Won-II class (tipe 214) dalam sebuah upacara di galangan kapal Hyundai Heavy Industries di Ulsan, Seoul, pada tanggal 7 September 2017.

Kapal selam ini dinamai ‘Shin Dol-Seok’, nama seorang jenderal Korea yang berperang melawan tentara Jepang pada awal abad ke-20.

HARUS BACA :  Cost of Submarines Could Rise: Navy

Shin Dol-Seok adalah penyelesaian dari batch kedua kapal selam jenis 214 tipe yang diperkirakan mulai beroperasi pada 2019 setelah menyelesaikan uji coba dan uji laut.

Hyundai Heavy Industries telah membangun tiga kapal selam pertama tipe 214 Korea Selatan yang merupakan kapal selam kelima, ketujuh dan kesembilan dari kelas yang sama. Kapal lainnya dibangun oleh Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering.

Kapal selam tipe 214 adalah kapal selam Korea Selatan yang menggunakan air-independent propulsion (AIP), berukuran 65 meter dan dapat berlayar dengan kecepatan maksimum 20 knot dengan 40 awak.

HARUS BACA :  Thailand Tugaskan 4 Jet Pelatih T-50TH Pertama
HARUS BACA :  China Tempatkan Sistem Rudal Canggih di LCS

Dengan kapasitas bobot 1.800 ton, kapal selam bisa menyelam hingga 400 meter dan tetap terendam selama dua minggu. Kapal selam ini dilengkapi dengan peluru kendali, torpedo dan ranjau, juga dilengkapi sistem penjejak target otomatis yang simultan dan sistem bimbingan dan pendeteksi torpedo.(navaltoday.com).

Kapal Selam ke-6 Tipe 214 DSME

Sebagai gambaran, kapal selam keenam Son Won II-class (Type 214) diesel-electric air-independent propulsion (AIP) telah diterima Angkatan Laut Korea Selatan, pada 10 Juli 2017. Kapal keenam itu dibuat oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) di Geoje Island, dekat kota pelabuhan Busan.

HARUS BACA :  Dua Kapal Selam dari Korsel Segera Dikirim

Kapal selam Son Won II-class (dikenal juga dengan nama KSS II–class) merupakan lisensi varian kapal selam Type 214 buatan Howaldtswerke-Deutsche Werft Jerman yang diharapkan mulai beropersi akhir tahun 2017.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  South Korea Donates 222 Military Vehicles to Cambodia

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Anggota Komisi I DPR RI: KASAD Baru Jangan Beli Alutsista Bekas