Skytrain Bandara Soekarno-Hatta, Beroperasi 17 September

Skytrain Bandara Soekarno-Hatta, Beroperasi 17 September

Militer.or.id – Skytrain Bandara Soekarno-Hatta, Beroperasi 17 September.

dok. Ujicoba Skytrain Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, 15/8/2017. (Kemenhub RI)

Jakarta – PT Angkasa Pura II akan mulai mengoperasikan “skytrain” atau automated people mover system (APMS) di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada 17 September mendatang.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Selasa, 12/9/2017 mengatakan untuk tahap awal, akan mengoperasikan satu jalur dengan satu rute yakni dari Terminal 3 ke Terminal 2.

“Insya Allah 17 September kami akan operasikan satu ‘track’ dan satu rute destinasi dari Terminal 3 ke Terminal 2,” ujarnya.

Rangkaian “skytrain” yang nantinya bisa dinikmati gratis itu dapat mengangkut 176 penumpang dalam satu gerbong.

Nantinya, setelah beroperasi dari Terminal 3 ke Terminal 2 pada tahap awal, rute rangkaian “skytrain” akan berkembang menuju bangunan integrasi sebelum melanjutkan perjalanan ke Terminal 1.

Masih di tahap awal pula, “skytrain” akan beroperasi dengan bantuan masinis.

“Sampai Terminal 1 nanti masih pakai ‘driver’ karena memang dalam periode enam bulan pengoperasian, paling cepat itu baru bisa ‘driverless’ (tanpa masinis). Ada pertimbangan faktor keselamatan dan risiko. Kami ngebut agar November bisa beroperasi penuh,” ujar Muhammad Awaluddin.

“Skytrain” dioperasikan untuk mengakomodasi perpindahan penumpang dari satu terminal ke terminal lainnya. Fasilitas kereta tanpa masinis yang diklaim pertama di Indonesia itu menggunakan teknologi automated guided transit (AGT), artinya moda transportasi ini bergerak tanpa bantuan pengemudi. (Antara).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *