Lanud Supadio Gelar Latihan Terbang Malam

Lanud Supadio Gelar Latihan Terbang Malam

Militer.or.id – Lanud Supadio Gelar Latihan Terbang Malam.

Segenap penerbang tempur Skadron Udara 1 Lanud Supadio melaksanakan latihan terbang malam selama empat hari ke depan, mulai tanggal 11-14 September 2017.

Komandan Lanud Supadio, Marsma TNI Minggit Tribowo mengatakan kegiatan latihan memiliki tujuan guna meningkatkan profesionalitas para penerbang. Mampu dan terlatuh dalam semua kondisi. Makanya, latihan terbang malam ini merupakan satu diantara menjadi silabus latihan yang harus ditempuh oleh seluruh “fighter” yang lebih dikenal dengan julukan Elang Khatulistiwa.

“Pelaksanaan terbang malam ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan terbang pada siang hari. Penerbang lebih banyak menggunakan instrument pesawat dibandingkan dengan penggunaan visual seperti pelaksanaan terbang pada siang hari,” kata orang nomor di Lanud Supadio, saat ditemui di ruangannya, Selasa (12/9/2017).

Untuk itu, latihan terbang sangat penting dilaksanakan sebab akan melatih tingkat konsentrasi dan akurasi pengendalian pesawat.

“Setiap penerbang malam ini harus memiliki konsentrasi tinggi sehingga pada saat melaksanakan berbagai manuver terbang dapat terlaksana dengan baik dan aman,” ungkapnya.

Danlanud Supadio, Marsma TNI Minggit Tribowo, S.IP dalamnkegiatan latihan terbang malam menekankan akan pentingnya mengutamakan faktor keselamatan selama pelaksanaan terbang bagi seluruh personel, baik penerbang, teknisi maupun personel pendukung lainnya termasuk memperhatikan kondisi cuaca yang beberapa hari terakhir cenderung berubah dengan cepat.

“Dalam kegiatan ini saya minta seluruh personel agar tetap mengutamakan faktor keselamatan selama pelaksanaan latihan terbang malam. Pastikan seluruh persiapan yang dilakukan sudah sesuai dengan S.O.P yang telah ditetapkan, termasuk memperhatikan situasi cuaca yang terjadi”, terang Danlanud.

Sebagai penerbang tempur, kemampuan melaksanakan terbang pada malam hari merupakan suatu keharusan, hal ini sangat dibutuhkan apabila dihadapkan dengan tantangan tugas para penerbang.

“Penerbang kita siapkan mampu melaksanakan tugas dalam semua kondisi. Agar betul-betul mampu melaksanakan oprasional tugas secara optimal,” pungkasnya.

Photo : Hawk 109/ 209 TNI AU (Jeff Prananda)

Sumber : Tribunnews

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *