Hercules Angkut Bantuan untuk Rohingya Tiba di Bangladesh

Militer.or.id – Hercules Angkut Bantuan untuk Rohingya Tiba di Bangladesh.

Pesawat Hercules TNI AU A-1316 tiba di Chittagong, Bangladesh, 14/9/2017 (@BNPB_Indonesia)

Chittagong – Bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya yang dikirim oleh pemerintah Indonesia tiba di Bandara Hazrat Shah Amanat, Kota Chittagong, Bangladesh pada Kamis sore, 14/9/2017.

Menurut laporan Antara di Chittagong, sorti pertama pengiriman bantuan yang dilakukan pesawat C130 Hercules TNI AU A1316 mengangkut perlengkapan logistik 10 unit tenda darurat dan selimut untuk pengungsi Rohingya.

Pesawat mendarat di Chittagong pukul 17.00 waktu setempat setelah menempuh penerbangan selama 4 jam dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Nanggroe Aceh Darussalam.

HARUS BACA :  Pilot Indonesia Bagian Penting Dalam Mendukung Pertahanan Negara

Tim pengiriman bantuan pada Kamis yang terdiri atas enam personel Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan 22 Paskhas TNI AU dipimpin langsung oleh Direktur Tanggap Bencana BNPB Junjungan Tambunan serta Komandan Satgas Civic Mission TNI AU Marsma Nanang Santoso.

Bantuan diserahterimakan kepada Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina Soemarno untuk diberikan kepada pemerintah Bangladesh bagi pendistribusian kepada pengungsi Rohingya yang membutuhkan.

HARUS BACA :  Pembangunan Jalur Ganda Kereta Sukabumi-Bogor Mulai 2017
HARUS BACA :  Panglima TNI - Dubes RRT, Bahas Peningkatan Kerjasama

Sementara itu, sorti kedua pengiriman bantuan berupa bahan pangan beras menggunakan pesawat Hercules A1326 dijadwalkan mendarat di Bandara Hazrat Shah pada pukul 19.00 waktu setempat.

Pemerintah Indonesia melalui BNPB juga berencana mendirikan camp pengungsian dan memberikan bantuan sosial bagi etnis Rohingya yang terusir dari Rakhine State.

Dubes RI untuk Bangladesh Rini Soemarno menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Pemerintah Bangladesh, di Chittagong, 14/9/2017 (@BNPB_Indonesia)

Usai diterima oleh Dubes Rina, bantuan akan dikirimkan menggunakan transportasi darat ke wilayah Cox’s Bazar dengan waktu tempuh sekitar 8 jam dari Kota Chittagong.

HARUS BACA :  Kasad Jenderal Mulyono, Tinjau Lomba Ton Tangkas

Sementara itu, sebanyak dua pesawat Hercules lain TNI AU yang juga mengangkut bantuan kemanusiaan masih menanti izin lintas penerbangan dari pemerintah Bangladesh.

Komandan Satgas Civic Mission TNI AU, Marsma Nanang, menjelaskan TNI AU bersama KBRI di Dhakka terus berkoordinasi untuk mendapatkan izin tersebut agar pengiriman bantuan dapat berjalan lancar.

Presiden Joko Widodo pada Rabu telah meresmikan keberangkatan empat pesawat Hercules yang mengangkut bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Rohingya di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pesawat-pesawat tersebut akan singgah di Lanud Sultan Iskandar Muda, Nanggroe Aceh Darussalam yang dijadikan sebagai Posko Civic Mission Indonesia Pengiriman Bantuan Kemanusiaan untuk Rohingya. (Antara).

HARUS BACA :  9 Bandara Alternatif Ngurah Rai, Antisipasi Erupsi Gunung Agung

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Prajurit Yonmarhanlan XIII Latihan Raid Amfibi

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here