Hercules Angkut Bantuan untuk Rohingya Tiba di Bangladesh

Hercules Angkut Bantuan untuk Rohingya Tiba di Bangladesh

Militer.or.id – Hercules Angkut Bantuan untuk Rohingya Tiba di Bangladesh.

Pesawat Hercules TNI AU A-1316 tiba di Chittagong, Bangladesh, 14/9/2017 (@BNPB_Indonesia)

Chittagong – Bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya yang dikirim oleh pemerintah Indonesia tiba di Bandara Hazrat Shah Amanat, Kota Chittagong, Bangladesh pada Kamis sore, 14/9/2017.

Menurut laporan Antara di Chittagong, sorti pertama pengiriman bantuan yang dilakukan pesawat C130 Hercules TNI AU A1316 mengangkut perlengkapan logistik 10 unit tenda darurat dan selimut untuk pengungsi Rohingya.

Pesawat mendarat di Chittagong pukul 17.00 waktu setempat setelah menempuh penerbangan selama 4 jam dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Nanggroe Aceh Darussalam.

Tim pengiriman bantuan pada Kamis yang terdiri atas enam personel Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan 22 Paskhas TNI AU dipimpin langsung oleh Direktur Tanggap Bencana BNPB Junjungan Tambunan serta Komandan Satgas Civic Mission TNI AU Marsma Nanang Santoso.

Bantuan diserahterimakan kepada Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina Soemarno untuk diberikan kepada pemerintah Bangladesh bagi pendistribusian kepada pengungsi Rohingya yang membutuhkan.

Sementara itu, sorti kedua pengiriman bantuan berupa bahan pangan beras menggunakan pesawat Hercules A1326 dijadwalkan mendarat di Bandara Hazrat Shah pada pukul 19.00 waktu setempat.

Pemerintah Indonesia melalui BNPB juga berencana mendirikan camp pengungsian dan memberikan bantuan sosial bagi etnis Rohingya yang terusir dari Rakhine State.

Dubes RI untuk Bangladesh Rini Soemarno menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Pemerintah Bangladesh, di Chittagong, 14/9/2017 (@BNPB_Indonesia)

Usai diterima oleh Dubes Rina, bantuan akan dikirimkan menggunakan transportasi darat ke wilayah Cox’s Bazar dengan waktu tempuh sekitar 8 jam dari Kota Chittagong.

Sementara itu, sebanyak dua pesawat Hercules lain TNI AU yang juga mengangkut bantuan kemanusiaan masih menanti izin lintas penerbangan dari pemerintah Bangladesh.

Komandan Satgas Civic Mission TNI AU, Marsma Nanang, menjelaskan TNI AU bersama KBRI di Dhakka terus berkoordinasi untuk mendapatkan izin tersebut agar pengiriman bantuan dapat berjalan lancar.

Presiden Joko Widodo pada Rabu telah meresmikan keberangkatan empat pesawat Hercules yang mengangkut bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Rohingya di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pesawat-pesawat tersebut akan singgah di Lanud Sultan Iskandar Muda, Nanggroe Aceh Darussalam yang dijadikan sebagai Posko Civic Mission Indonesia Pengiriman Bantuan Kemanusiaan untuk Rohingya. (Antara).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *