Satu Skuadron Pesawat Tempur Bakal Ditempatkan di Kupang

Satu Skuadron Pesawat Tempur Bakal Ditempatkan di Kupang

Militer.or.id – Satu Skuadron Pesawat Tempur Bakal Ditempatkan di Kupang.

Berdasarkan rencana strategis TNI Angkatan Udara, Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan ditempati satu skuadron pesawat tempur.

Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel Penerbang (Pnb) Ronny Moningka, keberadaan  skuadron pesawat tempur itu untuk menjaga wilayah perbatasan Indonesia dengan dua negara yakni Australia dan Timor Leste.

“Sesuai dengan rencana strategis TNI AU ke depan Pangkalan Udara El Tari dipersiapkan untuk dijadikan pangkalan operasi bertipe A, sehingga saat ini terjadi pembangunan secara bertahap,” kata Ronny kepada Kompas.com, usai kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-72 TNI di Kupang, Kamis (14/9/2017).

Ronny menyebut, sejumlah fasilitas pendukung mulai dibangun sejak tahun 2016 lalu, artinya secara bertahap terjadi pembangunan dan diharapkan nanti beberapa tahun mendatang, sudah bisa ditempatkan satu skuadron pesawat tempur tetap di Lanud El Tari Kupang.

Menurut Ronny, apabila nanti Pangkalan Udara El Tari Kupang naik menjadi tipe A, maka akan dipimpin oleh jenderal bintang satu. Otomatis, personel akan mengikuti dan berkembang sesuai aturan yang ada.

“Setelah semua sarana prasarana siap, satu skuadron pesawatnya datang ke sini dan tentunya status pangkalan akan meningkatkan menjadi tipe A,” ucapnya.

Photo : T-50 i 32 (indonesian_airforce)

Sumber : Kompas

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *