Upgrade Kapal Selam Kilo India dengan Rudal Kalibr

Upgrade Kapal Selam Kilo India dengan Rudal Kalibr

Militer.or.id – Upgrade Kapal Selam Kilo India dengan Rudal Kalibr.

INS Sindhurakshak (S-63) Kilo class India (Indian Navy)

Kapal selam diesel-listrik Kilo class Sindhughosh asal India, INS Sindhuraj (S-57) telah tiba di Rusia untuk menjalani life extension dan modifikasi yang kedua.

Dibangun oleh pembuat kapal buatan Rusia Sevmash dan ditugaskan ke Angkatan Laut India pada bulan Oktober 1987, kapal selam Sindhuraj adalah satu dari sembilan kapal selam kelas Kilo (Project 08773) yang sedang beroperasi saat ini.

Untuk pekerjaan modernisasi, Sindhuraj diangkut dari India ke Rusia di atas kapal angkat berat Rolldock Storm, yang dioperasikan oleh perusahaan pelayaran Belanda Rolldock.

Pelayaran kapal selam dimulai pada tanggal 4 Agustus 2017 dengan Rolldock Storm mencapai pelabuhan Severodvinsk pada tanggal 14 September setelah perjalanan mengelilingi ujung selatan Afrika.

Pusat Perbaikan Kapal Zvezdochka (bagian dari United Shipbuilding Corporation) akan bertanggung jawab melakukan overhaul selama dua tahun di mana kapal selam tersebut akan dilengkapi dengan rudal jelajah 3M-54 Kalibr Rusia, di samping perbaikan lainnya.

Kapal selam ini memiliki panjang 72,6 meter dan lebar 9,9 meter. Saat menyelam kapal memiliki kecepatan 31km/jam atau 17 knot dan 19km/jam atau 10 knot saat berlayar muncul ke permukaan. Kapal selam INS Sindhuraj mampu menjelajah sejauh 6000 km dengan kecepatan 13km/jam atau 7 knot, untuk beroperasi selama 45 hari tanpa isi ulang perbekalan dengan mengangkut 52 awak kapal selam.

Dengan rudal Kalibr, kemampuan kapal selam ini akan meningkat, karena rudal kalibr terbaru Rusia telah dilengkapi dengan fungsi rudal darat untuk melakukan serangan dari jarak jauh, seperti yang dilakukan kapal selam Kilo Rusia di laut Mediterania, saat menyerang sasaran darat ISIS di Suriah. (Naval Today).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *