Menteri Susi Siap Tenggelamkan 100 Kapal

Menteri Susi Siap Tenggelamkan 100 Kapal

Militer.or.id – Menteri Susi Siap Tenggelamkan 100 Kapal.

Dok. Penenggelaman kapal asing illegal fishing di Indonesia. (Antara)

Kendari – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pujiastuti meminta kalangan mahasiswa dan akademisi di Sulawesi Tenggara (Sultra) ikut menjaga laut yang ada di wilayah provinsi Sultra yang merupakan kepulauan.

“Mahasiswa menjadi poros terpenting untuk menumbuhkan semangat menjaga keamanan laut dan perikanan Indonesia,” ujar Menteri Susi saat memberikan kuliah umum kemaritiman, Sabtu 16-9-2017 di Universitas Halu Oleo Kendari, Sultra.

Sebagai negara maritim, ujar Menteri Susi Indonesia mempunyai kekayaan hasil laut, tetapi sebab pencurian ikan atau “illegal fishing” sudah lama terjadi dan merugikan Indonesia.

“Untuk sisi peraturan sudah lengkap hanya saja belum berani yang mengeksekusi. Lalu, ketika saya menjadi menteri lewat undang-undang itu dapat menenggelamkan kapal asing yang tanpa izin melaksanakan pencurian ikan,” Ujar Menteri Susi.

Susi Pudjiastuti mengaku selama menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan sudah menenggelamkan 317 kapal asing yang selama ini melakukan pencurian di laut Indonesia.

“Soal illegal fishing, saya konsisten melakukan tindakan tegas. Bahkan dalam waktu dekat akan ada sekitar 100 kapal yang ditenggelamkan. Kapal kapal itu berasal dari berbagai negara, yakni Vietnam, Thailand dan China dengan kapasitas berbeda,” ujar Menteri Susi.

Menteri Susi juga berhadap Pemerintah Daerah dan aparat keamanan di Sultra bersinergi sama-sama menjaga kedaualatan laut Indonesia.

“Kedaulatan laut itu sangat penting di mana kita harus memastikan wilayah laut kita berdaulat penuh,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pujiastuti. (Antara)

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *