Ketika Pilot US Navy Tembak Jatuh Su-22

Ketika Pilot US Navy Tembak Jatuh Su-22

Militer.or.id – Ketika Pilot US Navy Tembak Jatuh Su-22.

F/A-18E Super Hornet US Navy ( Kevin T. Murray Jr./ US Navy)

Hari itu dimulai dengan misi dukungan jarak dekat (CAS) dan diakhiri dengan tembakan air-to-air “kill” US Navy pertama, sejak tahun 1991.

Tiga bulan setelah Super Hornet F/A-18E ditugaskan ke kapal induk George H.W. Bush, pesawat itu menembak jatuh satu Su-22 Fitter Suriah di dekat Raqqa, Suriah, pada tanggal 18 Juni 2017. Empat pilot Angkatan Laut yang berpartisipasi dalam misi tersebut menceritakan pengalaman mereka dalam sebuah panel khusus di Simposium Tailhook 2017, yang diadakan pada tanggal 7 – 10 September.

Dalam rekaman yang pertama kali ditemukan oleh The Drive pada hari Kamis, pilot tersebut menggambarkan lingkungan operasi di Suriah yang telah menjadi lebih tidak terduga dan dinamis.

kapal induk George W. Bush, yang meluncurkan serangan udara setiap hari dari Teluk Persia, telah pindah ke Mediterania pada awal Juni, beberapa hari sebelum misinya.

“Semua orang menuju ke tempat yang sama hari itu, ke Raqqa,” kata Letnan Cmdr. Michael “MOB” Tremel, seorang pilot Strike Fighter Squadron 87, “Golden Warriors,” yang akan melakukan pemotretan hari itu.

“Pada saat itu, area udara tanggung jawab mereka “cukup panas” dan banyak orang menjatuhkan bom,” katanya.

Berjalan ke jet, misi hari itu adalah dukungan udara terbuka, dan itulah yang disiapkan oleh pilot di atas kapal Bush.

Tapi ada waktu dalam perjalanan untuk secangkir kopi – baik Tremel dan wingman-nya, petugas pelatihan VFA-87 Letnan Cmdr. Jeff “Jo Jo” Krueger, menikmati kopi java di ketinggian 22.000 kaki (6,7 km) saat memasuki ke Raqqa, kata Tremel.

“Sekali lagi, kami dibrifing untuk close air support (CAS) dan itu akan menjadi misi kami hari itu, jadi kami merasa seperti berada di ruang kemudi kami, apa yang kami lakukan,” katanya. “Tapi kami juga melatih semua kontingensi udara-ke-udara yang kami miliki dan kami bicarakan.”

Akhirnya, pesawat tiba di wilayah tersebut dan dikoordinasikan dengan dua pilot Hornet lainnya, semuanya bertumpuk di atas area operasi. Keempatnya mengkomunikasikan kejadian yang terjadi di lapangan jauh di bawah.

“Kami mendengar bahwa situasi semakin memanas di lapangan dengan beberapa kekuatan teman mendekati beberapa pasukan Suriah, berdasarkan hal itu, kami mendapatkan Jo Jo dan MOB di radio,” kata Letnan Cmdr. William “Vieter” Vuillet, seorang pilot dengan skuadron lain yang juga terikat dengan USS Bush, VFA-37 “Raging Bulls.”

Saat pilot bersiap untuk melaksanakan misi CAS mereka, seseorang melihat sebuah pesawat Flanker Rusia yang berputar-putar di atas, sebuah kejadian yang menurut para pilot tidak biasa di wilayah tersebut.

Sepanjang penyebaran, pilot mengatakan, interaksi mereka dengan pesawat Rusia bersifat profesional.

Tapi sebagai tindakan hati-hati, Tremel, yang sebelumnya memiliki beberapa masalah teknis kecil dengan pesawat terbangnya, mengajukan diri untuk mengikuti pesawat terbang dan memantau tindakannya.

Letnan Cmdr. Michael “MOB” Tremel, (savetheroyalnavy.org)

Picking Up the Syrian Aircraft

“Saya akan memperluas mode master udara-ke-udara sementara orang-orang ini berada dalam mode master udara-ke-darat untuk memantau situasi di lapangan,” kata Tremel. “Saat itulah aku menemukan pesawat tak dikenal yang mendekat dari selatan.”

Pengamat, termasuk aset Angkatan Udara di wilayah itu, mengirimkan informasi yang bertentangan mengenai identitas pesawat, namun akhirnya sebuah konsensus muncul bahwa pesawat itu adalah pesawat Suriah.

Tremel memutuskan hal terbaik yang bisa dia lakukan adalah dengan mendapatkan ID visual ke pesawat terbang itu dan aktivitasnya, jadi dia memutuskan untuk turun agar mendapatkan visual yang lebih baik.

Sementara itu, Krueger bekerja untuk merampingkan komunikasi radio, melepaskan tugas sekunder dan memusatkan perhatian untuk menjaga agar informasi tetap mengalir saat situasi berlangsung.

Ketika Tremel mendekati pesawat Suriah, dia menekankan bahwa dia siap untuk kembali ke pekerjaan utamanya begitu dia yakin hal itu tidak menimbulkan bahaya bagi pasukan teman.

“Seluruh misi kami di luar sana adalah untuk mengalahkan ISIS, memusnahkan ISIS,” katanya. “Jadi secepat kita bisa kembali ke misi itu, itulah tujuan kita hari itu … Bagaimanapun juga, jika ini terjadi de-escalated, itu akan sangat bagus. Kita akan mendapatkan kesuksesan misi dan [pergi] Kembali untuk terus menjatuhkan bom di ISIS. ”

Tapi itu tidak terjadi. Hornets mulai memadamkan panggilan peringatan radio untuk membujuk Fitter SU-22 untuk berbalik, namun terus mendekati pasukan darat yang bersahabat.

Krueger kemudian menyarankan agar pesawat A.S. harus melakukan “head-butts,” menutup pesawat di atas pesawat Suriah dengan suar peringatan, kata Tremel.

Mereka akhirnya melakukan pass (head-butts) sebanyak tiga kali, tanpa ada efek dari pesawat Suriah.

Su-22 Suriah (ilna.ir)

Su-22 Menembakkan Persenjataan

“Setelah yang ketiga itu, Su-22 [melanjutkan] untuk melakukan dive dan melepaskan persenjataan dekat dengan kekuatan teman,” kata Tremel.

Saat pesawat Suriah naik setelah menjatuhkan persenjataan, Tremel menanggapi, menembakan rudal Sidewinder AIM-9X. Karena alasan yang tidak dia jelaskan, rudal sidewinder luput dari Su-22 Fitter.

“Saya kehilangan jejak asap dan saya tidak tahu apa yang terjadi pada rudal pada saat itu,” katanya.

Kehilangan sedikit waktu, Tremel melepaskan rudal lainnya – AIM-120 Advanced Medium-Range Air-to-Air Missile, atau AMRAAM. Kali ini, rudal itu memiliki efek yang diinginkan.

“Pesawat bergetar ke kanan dan kemudian jatuh dan pilot melompat keluar dan tertinggal di kursi pelontarnya,” katanya.

Karena ingin menjauh dari medan puing-puing peswat Su-22, Tremel segera berbalik ke kiri, katanya, membiarkan kursi pelontar melintas di sebelah kanan kanopinya.

Pilot menggambarkan kejadian tersebut dengan istilah yang sederhana, namun mengakui adrenalinnya tinggi saat mereka kembali beroperasi.

Vieter, yang turun untuk mendapatkan visual setelah perjumpaan udara-ke-udara itu mengatakan, dia dan pilot yang terbang bersamanya, Letnan Stephen “Scotty P” Gasecki, tidak dapat menahan diri untuk mendapatkan saluran komunikasi yang aman untuk memberitahu awak kapal induk apa yang terjadi saat mereka pergi untuk mengisi bahan bakar.

Vieter dan Gasecki memilih untuk melanjutkan misinya, sementara Tremel dan Krueger segera memutuskan untuk kembali ke kapal.

‘No Small Feat’

Krueger mengatakan bahwa “tidak ada prestasi kecil” bagi Tremel untuk mengambil inisiatif untuk mempersenjatai pesawatnya dan menembakkan senjata ke sebuah pesawat bersenjata untuk pertama kalinya dalam dua setengah dasawarsa.

“Melihat reruntuhan di bawah kami, itu adalah perasaan yang berbeda,” kata Krueger. “… Kami harus membuat beberapa keputusan dengan cukup cepat, dan saya pikir pelatihan dan panduan komandan yang kami dapatkan pada saat itu sangat membantu.”

Setelah kembali ke kapal, keriuhan dari para awak tidak membuatnya puas; Sentimen itu hanya karena “the show goes on,” kata Tremel.

Dia bersalaman dengan beberapa orang di dek penerbangan, kemudian diantar pergi, persenjataan yang tersisa di pesawat terbangnya cepat dimuat ke pesawat lain yang akan diluncurkan dalam waktu sejam.

Dia bahkan menyelesaikan tugas keamanan terjadwalnya saat kembali ke atas kapal, katanya.

Namun, saat dia berbicara dalam konvensi tahunan pilot US Navy, atmosfernya berbeda.

“Sangat tidak masuk akal untuk duduk di sini di lingkungan ini,” kata Tremel. “Saya tidak bisa melakukannya tanpa orang yang duduk di sampingku, Jo Jo, dan orang-orang lain yang mengudara. Itu adalah mutlak usaha dari tim sepenuhnya, termasuk semua koordinasi yang terus berlanjut bersama Angkatan Udara sepanjang waktu kita berada di AOR. ”

Sebuah penanda dengan nama dan pesawat Tremel akan segera disematkan ke dinding Navy air-to-air kills di United States Navy Strike Fighter Tactics Instructor program, yang lebih dikenal dengan TOPGUN. (Military.com).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *