Serangan Jet Tempur Turki Tewaskan 3 PKK Kurdi

Militer.or.id – Serangan Jet Tempur Turki Tewaskan 3 PKK Kurdi.

Pesawat F-16 Turki. (Photo: Cynthia Vernat)

Ankara – Serangan pesawat tempur Turki menyasar pemberontak Kurdi di Irak utara, Selasa, 19/9/2017, menewaskan tiga pemberontak, kata militer Turki, dirilis Reuters.

Serangan itu dilancarkan sebagai bagian dari usaha negara Turki melawan Partai Pekerja Kurdistan / Partiya Karkerên Kurdistan (PKK) yang keberadaannya terlarang.

HARUS BACA :  Ragam Alutsista TNI AD di Latihan Antar Kecabangan 2018

Dalam sebuah pernyataan, militer Turki mengatakan serangan udara tersebut menyasar wilayah Zap, sebuah nama sungai di Turki yang mengalir melintasi perbatasan Turki-Irak dan dikenal sebagai Zab di Irak.

Serangan pesawat tempur itu adalah yang kedua kalinya dilancarkan pada Selasa dan yang ketiga dalam dua hari belakangan sejak tentara Turki memulai sebuah pelatihan militer di sepanjang wilayah perbatasannya dengan Irak.

HARUS BACA :  Komandan Korps Marinir Kukuhkan Danpasmar-3

Tentara melakukan pelatihan senjata tank dan peluncur roket di daerah perbatasan selatannya pada Selasa, kurang dari seminggu sebelum sebuah Referendum kemerdekaan Kurdi diselenggarakan di Irak utara.

HARUS BACA :  Mesir Desak Israel Hentikan Kekerasan di Gaza

Aksi unjuk kekuatan menjelang pemungutan suara tersebut mencerminkan keprihatinan Turki, yang memiliki jumlah masyarakat Kurdi terbesar di kawasan. Referendum Kurdi dikhawatirkan dapat memicu peningkatan kegiatan dari kelompok terlarang, PKK Kurdi, yang telah melakukan pemberontakan selama tiga dasawarsa di Turki tenggara sejak 1984.

HARUS BACA :  Aneh, Inggris akan Sediakan Peralatan Tak Terbatas Pada Militer China

Angkatan udara Turki sering melakukan serangan terhadap PKK di wilayah pegunungan Irak utara. Kelompok ini dianggap sebuah organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  25 Kapal Perang dan 30 Pesawat Rusia Berlatih di Mediterania

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Rumania, Terima Lagi 3 Pesawat Tempur F-16, September Ini