Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pasukan Garuda Bawa “Gatot Kaca” ke Kota Bangui

Militer.or.id – Pasukan Garuda Bawa “Gatot Kaca” ke Kota Bangui.

Satgas Kompi Zeni TNI Konga 37-D /Minusca membantu Kegiatan Cimic Radio Guira di Kota Bangui, Afrika Tengah.

Bangui – Pasukan Garuda Satgas Kompi Zeni TNI Konga 37-D/Minusca (Multi-Dimensional Integrated Stabilization Mission in Central African Republic) atau Indonesian Engineering Company  di bawah pimpinan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, S.Sos selaku Komandan Satgas, membantu kegiatan Cimic (Civil Military Coordination) Stasiun Radio Guira FM di Kota Bangui, Republik Afrika Tengah, Rabu 20-9-2017.

Kegiatan Cimic ini merupakan kerja sama Satgas Kompi Zeni TNI Konga 37-D/Minusca dengan Stasiun Radio Guira FM, yang merupakan salah satu stasiun radio terkemuka di Kota Bangui sebab mempunyai kerja sama langsung dengan Pasukan PBB yang berada di Minusca, di mana pada beberapa waktu lalu Pemimpin Redaksi Radio Guira FM Mr. Jean Paul meminta bantuan untuk kegiatan di Kota Bangui.

Pada kegiatan Cimic ini, Pasukan Garuda Satgas Kompi Zeni TNI memberikan bantuan berupa peminjaman tenda, pembersihan tempat kegiatan dan pemerataan tanah untuk mendukung kelancaran acara tersebut. Walaupun cuaca yang kurang mendukung, tidak mengendurkan semangat para Prajurit Garuda untuk memberikan bantuan dengan maksimal, sehingga dapat membantu kelancaran kegiatan tersebut.

Satgas Kompi Zeni TNI Konga 37-D /Minusca membantu Kegiatan Cimic Radio Guira di Kota Bangui, Afrika Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Dansatgas Kizi TNI Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy diwakili Wadansatgas Mayor Czi Dedi Tri Sulistyo didampingi oleh Perwira Cimic Lettu (P) Guntur, dalam pidatonya menyampaikan terima kasih atas penerimaan warga lokal terhadap Kontingen Indonesia pada misi PBB di bumi Afrika Tengah.

Disela-sela kegiatan cimic tersebut, ditampilkan pula salah satu kesenian dari Indonesia yaitu Tari Gatot Kaca yang diperankan oleh Pratu Putut Ais. Penampilan ini memberikan hiburan bagi masyarakat Bangui serta dapat mengenalkan budaya Indonesia ke masyarakat Republik Afrika Tengah dan warga dunia lainnya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Radio Guira FM Mr. Jean Paul menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pasukan Garuda Satgas Kompi Zeni TNI  yang sudah membantu dalam menyokong kegiatan, mulai dari awal sampai dengan selesainya acara. “Semoga kerja sama ini dapat dilanjutkan pada kesempatan berikutnya,” ungkap Mr. Jean Paul .

Satgas Kompi Zeni TNI Konga 37-D /Minusca membantu Kegiatan Cimic Radio Guira di Kota Bangui Afrika Tengah.

Pasukan Garuda Satgas Kompi Zeni TNI Konga 37-D/Minusca berjumlah 200 personel dari ketiga angkatan (176 personel TNI AD, 19 personel TNI AL dan 5 personel TNI AU) di bawah pimpinan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, S.Sos sebagai Dansatgas, yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Batalyon Zipur 5/ABW Kodam V/Brawijaya, Jawa Timur,

Satgas Konga 37-D/Minusca bertugas selama satu tahun ke depan, mempunyai tugas untuk membantu PBB dalam berbagai pekerjaan seperti pembuatan super camp, perbaikan jalan, pembangunan jembatan, perbaikan pangkalan, pembuatan perimeter camp dan perbaikan-perbaikan konstruksi lainnya.

Selain tugas pokoknya tersebut, Satgas Kompi Zeni TNI berusaha untuk mendekatkan diri dengan masyarakat di daerah misi serta mengenalkan budaya Indonesia ke masyarakat Republik Afrika Tengah.  (Pen Konga 37I-D/Minusca).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *