Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pesawat Tempur TNI AU Kembali ke Homebase

Militer.or.id – Pesawat Tempur TNI AU Kembali ke Homebase.

Komando pertahanan udara nasional (Kohanudnas) sejak beberapa hari lalu menggelar latihan puncak dengan sandi tutuka tahun 2017. Latihan tempur itu sendiri melibatkan ratusan prajurit dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU, untuk meningkatkan kewaspadaan dalam melumpuhkan serangan udara lawan.

Setelah menggelar latihan, TNI AU sendiri secara resmi melepas kembalinya lima pesawat jet F-16 yang sebelumnya digunakan untuk latihan. Latihan Tutuka itu juga telah berlangsung sejak tanggal 18 September lalu dan Kamis (21/9) resmi ditutup.

Jumat (22/9/2017) ini, pesawat yang sebelumnya digunakan akhirnya dikembalikan ke skuadronnya di Madiun.

Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional, Marsda TNI Yuyu Sutisna mengatakan, latihan terpadu ini untuk menguatkan sinkronisasi alutsista yang dimiliki ketiga matra, mulai dari deteksi pengindraan radar dan penindakan.

“Untuk TNI AD, penindakan dilakukan oleh detasemen rudal dan arhanud, dari TNI AL dengan menggunakan alutsista yang berada di kapal perang, sementara untuk TNI AU melakukan penindakan penurunan paksa dan menjatuhkan sasaran,” katanya, lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (22/9).

Dikatakan Marsda Yuyu, lokasi latihan puncak dilaksanakan di beberapa tempat seperti di Medan, Pekanbaru, Jakarta dan Tangerang. Total pesawat tempur yang ikut serta dalam latihan puncak tutuka 2017 sebanyak 11 pesawat tempur dari 2 skuadron.

“Hari ini, karena sudah selesai, akhirnya kami kembalikan ke homebase mereka,” ujarnya.

Photo : F-16 TNI AU (Poskota)

Sumber : Poskota

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *