Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Jet Tempur F-15 Tercanggih yang Pernah Dibuat

Militer.or.id – Jet Tempur F-15 Tercanggih yang Pernah Dibuat.

Jet Tempur F-15SA Arab Saudi (photo : Ahmad Hader)

Royal Saudi Air Force (RSAF) secara resmi telah menerima jet tempur multirole Boeing F-15SA pertamanya dalam sebuah upacara perayaan ulang tahun ke-50 King Faisal Air College di Riyadh pada 25 Januari 2017, silam.

Jet tempur ini bisa dikatakan F-15 Eagle tercanggih yang pernah diproduksi. F-15SA dilengkapi radar APG-63V3 Active Electronically Scanned Array (AESA), kokpit kaca digital, JHMCS (Joint Helmet Mouted Cueing System), Digital Electronic Warfare System / Common Missile Warning System (DEWS / CMWS), IRST (Infra Red Search and Track), dan mampu membawa beragam persenjataan udara-ke-udara dan udara ke permukaan, termasuk AIM-120C7 AMRAAM (Advanced Medium Range Air-to-Air Missile), rudal udara ke udara AIM-9X, AGM-84 SLAM-ERs, AGM-88 HARM (rudal anti-radiasi tingkat tinggi) dan GBU-39 SDBs (Bom Diameter Kecil) yang terpasang pada 11 hardpoint eksternal, F-15SA, berasal dari F-15E Strike Eagle, adalah varian Eagle paling maju yang pernah diproduksi.

Jet Tempur F-15SA Arab Saudi mengusung rudal AGM-88 HARM (photo : Matt Hartman – @ShorealoneFilms)

Pada tahun 2010, RSAF memesan 84 jet F-15SA baru dan paket upgrade untuk 68 pesawat tempur F-15S Saudi yang ada, untuk total 152 pesawat tempur multirole advanced Eagles melalui Penjualan Militer Asing: sebuah kontrak senilai 29,4 miliar USD yang mencakup logistik, suku cadang, dukungan pemeliharaan dan senjata yang ditandatangani pada 29 Desember 2011.

Karena bukan pesawat generasi ke-5 seperti F-35 Lightning II, Arab Saudi (yang telah mengoperasikan pesawat generasi ke 4, Eurofighter Typhoon) memesan jet tempur F-15 generasi 4,5 yang mampu melakukan beberapa misi, termasuk SEAD / DEAD (Suppression / Destruction of Enemy Air Defenses), OCA (Offensive Counter Air ) dan Air Interdiction dengan amunisi presisi terpandu dari jarak jauh.

Jet Tempur F-15SA Arab Saudi (photo : Rodney Bastow)

Pesawat tempur F-15S Saudi yang terdahulu, telah mengambil bagian dalam serangan udara di Yaman, sebagai bagian dari Operation Decisive Storm, intervensi koalisi Arab Saudi di Yaman, sejak 26 Maret 2015. Satu jet tempur RSAF F-15S jatuh di Teluk Aden di awal pembukaan perang udara; dua pilotnya ejected dengan selamat dan dievakuasi dari laut oleh helikopter penyelamat USAH HH-60G. Meskipun sumber Houthi dan Iran menyatakan bahwa Elang F-15S ditembak jatuh, pihak berwenang koalisi Arab Saudi dan Arab membantah laporan tersebut.

F-15SA pertama tiba di King Khalid Air Base (KKAB) di Arab Saudi melalui RAF Lakenheath, pada 13 Desember 2016, sehari setelah Israel menerima generasi kelima pertama F-35I mereka. Pesawat pertama ditugaskan ke Skadron 55 di KKAB. (theaviationist.com).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *