Lantamal IV Tanjungpinang Resmi Mendapat Tambahan Kapal Patroli Cepat KAL

14 November 2016

Kapal Angkatan Laut Tipe 28 M Propeller (photo : Tesco Indomaritim)

Kabar24.com, TANJUNGPINANG – Mulai hari ini, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV/Tanjungpinang mendapat penambahan armada kapal patroli cepat.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut IV/Tanjungpinang Laksma TNI S Irawan meresmikan Kapal Angkatan Laut (KAL) Marapas II-4-65 yang dapat bergerak lincah di perairan dangkal.

“Kapal itu akan memperkuat Satuan Keamanan Laut Lantamal IV Tanjungpinang sehingga daya tempur semakin kuat,” kata Irawan saat upacara militer di Dermaga Yos Sudarso Batu Hitam, Tanjungpinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (11/11/2016).

KAL Marapas II-4-65 dikomandani Kapten Laut (P) Yose Rizal.

Kapal ini hasil karya anak bangsa, diproduksi di PT Tesco Indomaritim Bekasi pada 10 Agustus 2015, dan diluncurkan dari galangan pada 24 Juni 2016.

Berdasarkan keputusan Kasal Nomor Kep/752/IV/2016 tanggal 7 April 2016, kapal itu diserahkan ke Lantamal IV sebagai kapal patroli cepat berbahan alumunium.

“Nama KAL Marapas diambil dari nama satu pulau di wilayah kerja Lantamal IV yaitu Pulau Marapas yang berada di Kabupaten Bintan,” ujarnya.

Kapal Marapas dirancang sebagai kapal patroli cepat yang dapat memasuki perairan dangkal dan dapat bergerak cepat, lincah, serta berkecepatan 28 knot.

“Kapal ini sangat sesuai dengan karakteristik wilayah perairan Kepri,” ucapnya.

Irawan menjelaskan KAL Marapas II-4-65 akan meningkatkan pelaksanaan operasi, dan kinerja Lantamal IV dalam rangka mendukung kebijakan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Danlantamal menyatakan Komandan KAL Marapas dan anak buah kapal produk karya putra-putri terbaik bangsa ini berbangga hati karena terpilih untuk memelihara dan mengoperasikan sesuai fungsi asasinya.

“Kapal ini dibeli dari uang rakyat. Oleh karena itu saya perintahkan untuk dapat merawat kapal ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.

(Kabar24)

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  The Latest Version of Terrex

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Another 4 F-5s Getting Upgrade, With Official Program Detail