Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Skatek 022 Mendapat ‘Fuel Nozle Tester’ dan ‘Ultrasonic Cleaner’

Militer.or.id – Skatek 022 Mendapat ‘Fuel Nozle Tester’ dan ‘Ultrasonic Cleaner’.

Skadron Teknik 022 Lanud Abd Saleh satuan pemeliharaan di lembah bromo dan bersemboyan “ Kami anak anak Gamel tak pernah berkata tidak bisa, beri kesempatan akan kami kerjakan” telah menerima kedatangan dua peralatan baru yang sangat canggih dan ditempatkan dibawah Bengharpes (Bengkel Pemeliharaan Pesawat) berupa Fuel Nozle Tester dan Ultrasonic Cleaner yang digunakan untuk mendukung kegiatan pemeliharaan pesawat EMB-314 Super Tucano, C-212 Casa dan C-130 Hercules.

Peralatan baru ini telah dilaksanakan pemeriksaan dan uji fungsi pada tanggal 19 September oleh Team Mabesau sebanyak 7 Personel dan diketuai oleh Kolonel Tek Nyoman Suryaman. Tim dari Mabesau melihat secara langsung proses uji fungsi kedua peralatan tersebut.(20/9)

Fuel Nozle Tester yang diterima oleh Skatek 022 merupakan salah satu Test bench yang diproduksi oleh pabrikan Stanley dari USA dan digunakan untuk melaksanakan pengetesan Fuel Nozle yang merupakan bagian dari komponen system pembakaran pada engine pesawat terbang.

Fuel Nozzle ini sudah menggunakan system komputerisasi dan digital sehingga data yang dihasilkan pada saat pengetesan sangat actual dan detail sehingga akan meningkatkan kualitas hasil sifatnya universal tester yang dapat digunakan untuk mengetest fuel nozzle seluruh jenis pesawat terbang.

Sedangkan ultra sonic cleaner merupakan salah satu peralatan buatan pabrikan hankuuk dari Korea Selatan berfungsi untuk menggosok atau membersikan kotoran yang menempel pada komponen barang yang sulit dibersihkan , alat ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan beberapa komponen pesawat seperti Fuel Nozle element, Bearing dan lain-lain.

Dengan kedatangan dua peralatan baru ini, diharapkan kualitas hasil pemeliharaan dari Skatek 022 semakin meningkat dan impian para teknisi lembah Bromo ini dalam mengembangkan kemampuan dan menjadi salah satu satuan pemeliharaan yang terdepan dalam mendukung kesiapan operasional Skadron Udara di Lanud Abd Saleh dapat terwujud , tegas Danskatek 022 Letkol Tek Y. Sidik Dhani Broto N., S.T., M.M., M.A.P.

Photo : Skatek 022 Mendapat ‘Fuel Nozle Tester’ dan ‘Ultrasonic Cleaner’ (TNI AU)

Sumber : Pen TNI AU

FROM INDONESIAMiliterMiliter IndonesiaTNI AU

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *