Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pembentukan Pangkalan Udara Sorong, Papua Barat

Militer.or.id – Pembentukan Pangkalan Udara Sorong, Papua Barat.

F-16 TNI AU Latihan Elang AUSINDO 17, Darwin, Australia, 20/10/2017. (photo: Sid Mitchell / Aviationspottersonline.com)

Biak. Militer.or.id – Pemerintah Kabupaten Sorong, Papua Barat menyiapkan lahan sekitar 2.500 hektare untuk pembangunan markas Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU di Sorong.

“Berbagai prasarana pendukung termasuk gedung perkantoran Lanud Sorong sedang dipersiapkan untuk menunjang pembentukan pangkalan udara Sorong,” kata Komandan Pangkalan Udara Manuhua Biak Kolonel Pnb Fajar Adriyanto di Biak, Rabu, 1/11/2017.

Kolonel Pnb Fajar mengatakan dengan dukungan lahan disiapkan Pemkab Sorong diharapkan untuk mempercepat penyiapan sarana prasrana infsrasruktur pembangunan mako Lanud Sorong.

Sebelum realiasi Lanud Sorong diwujudkan, kata Kolonel Fajar, maka pihak Lanud Manuhua Biak telah membentuk Pos TNI Angkatan Udara sebagai embrio pendirian pangkalan udara di Sorong.

Dia mengatakan pembentukan lanud baru di wilayah operasi Lanud Manuhua Biak yang meliputi Provinsi Papua dan Papua Barat sedang dalam persiapan untuk ditargetkan beroperasi pada tahun 2018.

“Kehadiran Lanud Sorong akan menambah kekuatan TNI Angkatan Udara dalam mengawal pertahanan kedaulatan wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di Kabupaten/Kota Sorong Provinsi Papua Barat,” katanya.

Selain Lanud Sorong, katanya, Lanud Manuhua Biak juga sedang mengupayakan pembentukan Lanud di Manokwari, ibukota provinsi Papua Barat serta Lanud Kabupaten Sorong Selatan.

“Sejalan dengan peningkatan pelayanan penerbangan udara di wilayah Provinsi Papua Barat juga membutuhkan kehadiran pangkalan udara TNI Angkatan Udara,” ujar Kolonel Pnb Fajar Adriyanto. (Antara).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *