Intelijen Korsel Temukan Pertanda Rencana Tes Misil Baru

Intelijen Korsel Temukan Pertanda Rencana Tes Misil Baru

Militer.or.id – Intelijen Korsel Temukan Pertanda Rencana Tes Misil Baru.

Rudal ICBM Korea Utara. (KCNA / BNO Newsroom)

Seoul, Militer.or.id – Korea Utara kemungkinan akan merencanakan tes misil baru, menurut laporan badan intel Korea Selatan kepada anggota parlemen, pada Kamis 2-11-2017, setelah aktivitas cepat tampak di fasilitas penelitiannya, beberapa hari sebelum Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengunjungi Seoul.

Korut sudah melakukan serangkaian uji coba nuklir dan peluru kendali yang menentang resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, tetapi belum meluncurkan misil apapun sejak meluncurkan satu misilnya di atas daratan Jepang pada 15 September 2017, jeda aktivitas yang paling lama pada tahun ini.

Tetapi, kesibukan aktivitas termasuk pergerakan kendaraan sudah terdeteksi di fasilitas penelitian misil Korut di Pyongyang, tempat tes misil terbaru dilakukan, menunjuk kemungkinan dilakukannya peluncuran lain, demikian Dinas Intelijen Korsel dalam sebuah penjelasan kepada anggota parlemen.

Dinas intelijen tersebut tidak mengatakan bagaimana aktivitas itu terdeteksi. Korut tidak merahasiakan rencananya untuk menyempurnakan misil berkepala nuklir yang mampu mencapai daratan AS. Negara tersebut sering mengancam untuk menghancurkan AS dan “bonekanya”, Korsel.

“Ada kemungkinan peluncuran misil baru mengingat pergerakan aktif kendaraan di sekitar lembaga penelitian misil di Pyongyang. Korut akan terus mendorong tes nuklir lebih lanjut, dan miniaturisasi serta diversifikasi hulu ledak,” demikian dinas intelijen tersebut pada penjelasannya.

Lokasi tes nuklir Korut di kota Barat Laut Punggye-ri bisa saja rusak akibat tes nuklir keenam dan terbesar pada 3 September 2017, menurut Kim Byung-kee, Yi Wan-young dan Lee Tae-gyu, anggota komite intelijen parlemen Korsel. Ledakan tersebut memicu gempa susulan dalam delapan menit dan 3 guncangan tambahan.

Pyongyang kemungkinan akan meledakkan lebih banyak perangkatnya, sebab pihaknya mencoba menguasai miniaturisasi hulu ledak nuklir untuk ditempatkan di atas misil, menurut para anggota parlemen.

Terowongan ketiga di kompleks Punggye-ri masih dapat digunakan untuk tes lain “kapan saja”, sementara konstruksi dilanjutkan di terowongan keempat, sehingga tempat tersebut tidak dapat digunakan “untuk waktu yang cukup lama”, tambahnya.

Presiden Trump akan mengunjungi 5 negara Asia dalam beberapa hari mendatang untuk pembicaraan yang berfokus perihal Korut. Kunjungan tersebut mencakup sekutu utama Korut, China, dan sekutu AS yakni Jepang dan Korea Selatan, yang sudah menyaksikan dengan tingginya kekhawatiran sebab Trump dan Korut sudah saling menyerang melalui kata-kata satu sama lain. (Antara/Reuters).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *