Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Iran: Pengunduran Diri PM Lebanon Dapat Timbulkan Ketegangan

Militer.or.id – Iran: Pengunduran Diri PM Lebanon Dapat Timbulkan Ketegangan.

Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri (commons.wikipedia.org)

Beirut, Militer.or.id – Iran mengatakan, pada Sabtu 4-11-2017, bahwa pengunduran diri Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri akan menimbulkan ketegangan di Lebanon dan kawasan. Saad Hariri menuduh Iran dan sekutu Lebanonnya, Hizbullah, menabur perselisihan di dunia Arab. Tuduhan itu dilancarkan PM Saad Hariri ketika ia pada Sabtu 4-11-2017 mengumumkan mundur dari jabatannya.

“Pengulangan tuduhan-tuduhan tak berdasar dan tak realistis oleh perdana menteri Lebanon yang mundur menyangkut Zionis, Arab Saudi dan Amerika terhadap Iran adalah indikasi bahwa pengunduran diri ini merupakan skenario baru untuk menciptakan ketegangan di Lebanon dan kawasan,” ujar juru bicara menteri luar negeri Iran Bahram Qassemi dalam pernyataan yang dimuat di laman kementerian.

“Tapi kami yakin bahwa rakyat Lebanon yang berdaya tahan akan melalui masa ini dengan mudah.” Pengunduran diri Saad Hariri terjadi hanya satu hari setelah ia bertemu dengan Ali Akbar Velayati, yang merupakan penasihat Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei, di Beirut.

“Pengunduran diri Bapak Saad Hariri yang tiba-tiba itu serta pernyataannya di negara lain tidak hanya mengagetkan dan patut disayangkan tapi juga merupakan sebuah tanda bahwa ia sedang melakukan permainan yang dirancang oleh pihak yang menginginkan situasi kawasan menjadi buruk, dan pemenang permainan ini bukan negara-negara Arab atau Muslim tapi Zionis,” ujar  juru bicara menteri luar negeri Iran Bahram Qassemi. Antara/Reuters.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *