Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pelepasan Satgas Sail Sabang Tahun 2017

Militer.or.id – Pelepasan Satgas Sail Sabang Tahun 2017.

Menko Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan didampingi oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., melepas keberangkatan Satgas Sail Sabang tahun 2017 pada Senin 20 November 2017 di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Jakarta, Militer.or.id – Dalam rangka melaksanakan Program Revolusi Mental Untuk Mempercepat Terwujudnya Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia serta menyokong rangkaian Kegiatan Sail Sabang tahun 2017.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., beserta Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi resmi melepas keberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Sail Sabang tahun 2017 pada Senin  20-11-2017 di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pada pelepasan tersebut Menko Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan memberangkatkan Tim Satgas yang terdiri dari Satgas Surya Bhaskara Jaya (SBJ LXVI)) dengan menggunakan KRI Soeharso -990.

Satgas Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) Ke –VII menggunakan KRI Banda Aceh-593 dan Ekspedisi Nusantara Jaya III (ENJ) 2017 dengan menggunakan KRI Dewaruci Dan KRI Bima Suci -945 yang juga menyokong rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan adanya pertunjukan Theater Dapunta serta Display Genderang Suling Taruna Akademi Angkatan Laut.

Dalam kesempatan tersebut Menko Kemaritiman mengatakan bahwa, pelaksanaan Sail tahun ini sangat unik, karena ada 2 Kapal Layar tiang tinggi yang ikut dalam misi pelayaran menuju Sabang. Dua unit kapal ini, KRI Dewaruci dan KRI Bima Suci -945 merupakan kapal layar kebanggaan Indonesia.

“Kapal tersebut yang menjadi kawah candradimuka bagi para taruna Angkatan Laut untuk menempa mental dan fisik mereka agar memiliki watak dan sifat seperti bima yang rela, patuh, waspada dan rendah hati”, ungkap Menko Kemaritiman RI.

Sail Sabang 2017 merupakan kegiatan Internasional yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah terutama melalui sektor pariwisata bahari, kegiatan Ini juga menjadi momentum untuk memajukan wisata bahari tanah air untuk menjadikan kawasan Sabang sebagai destinasi utama wisata.

Selain itu penyelenggaraan kegiatan internasional Sail Sabang 2017 juga untuk percepatan pembangunan potensi sumber daya kelautan dan pariwisata. TNI Angkatan Laut mengerahkan puluhan kapal perang untuk melaksanakan berbagai kegiatan Sail Sabang 2017, yang meliputi kegiatan Satgas Surya Bhaskara Jaya (SBJ LXVI) dengan menggunakan KRI Soeharso -990.

Menko Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan didampingi oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., melepas keberangkatan Satgas Sail Sabang tahun 2017 pada Senin 20 November 2017 di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Satgas Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) Ke –VII menggunakan KRI Banda Aceh-593 dan Ekspedisi Nusantara Jaya III (ENJ) 2017 dengan menggunakan KRI Dewaruci dan KRI Bima Suci -945.

Unsur-unsur TNI AL lainnya yang dikerahkan untuk menyokong suksesnya acara Sail Sabang 2017 antara lain adalah:

  1. 13 KRI.
  2. 3 KAL.
  3. 1 Patkamla.
  4. 6 Sea raider.
  5. 8 Perahu karet.
  6. 2 water taxi.
  7. 7 Pesawat udara .
  8. Serta 4.982 personel TNI Angkatan Laut.

Kegiatan Sail sendiri telah delapan kali dilaksanakan di Indonesia  yakni :

  1. Dimulai pada tahun 2009 dengan menggelar Sail Bunaken Manado.
  2. Kemudian disusul dengan Sail Banda di Perairan Banda, Maluku pada tahun 2010.
  3. Sail Wakatobi-Belitong tahun 2011.
  4. Sail Morotai di Morotai, Maluku Utara pada tahun 2012.
  5. Sail Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tahun 2013.
  6. Sail Raja Ampat di Waisai Raja Ampat, Papua Barat tahun 2014.
  7. Sail Tomini 2015 di Parigi Moutong Palu Sulawesi Tengah,.
  8. Sail Selat Karimata 2016 di Pantai P. Datok-Sukadana Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat,.
  9. Sail Sabang 2017 merupakan Sail kesembilan yang akan digelar di kota Sabang Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Pada kesempatan Ini turut serta dihadiri :

  1. Pejabat di lingkungan Kementerian Koordinator Kemaritiman.
  2. Kementerian Pemuda dan Olahraga.
  3. Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI A. Taufiq R.
  4. Pejabat utama Markas Besar Angkatan Laut.
  5. Pejabat terkait Lainnya.

(Dispenal).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *