Helikopter S-58T Twin Pac Lengkapi Museum Pusat TNI AU

Helikopter S-58T Twin Pac Lengkapi Museum Pusat TNI AU

Militer.or.id – Helikopter S-58T Twin Pac Lengkapi Museum Pusat TNI AU.

Helikopter S-58 T Twin Pac tiba di Museum Pusat TNI AU, Yogyakarta, 21/11,2017

Yogyakarta. Militer.or.id – Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Kembali mendapat koleksi baru pesawat jenis Helikopter S-58 T Twin Pac dari Mabesau, Pesawat tersebut tiba di Yogyakarta, Selasa, 21/11/2017.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M menyampaikan bahwa Helikopter S-58T Twin Pac, merupakan pesawat buatan Amerika pada tahun 1958. Melalui program DLG (Defense Liaison Group) Indonesia menerima hibah pesawat tersebut dan tahun 1975 sebagai kekuatan Skadron Udara 6 Lanud Atang Senjaya Bogor.

Lebih lanjut Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M menambahkan Pesawat jenis Helicopter Angkut serba guna buatan pabrik Sikorsky Aircraft Corporation USA ini telah banyak berjasa bagi Indonesia, diantaranya Operasi Penumpasan Gerombolan bersenjata di Irian Barat pada tahun 1980, Opreasi Penumpasan di Timor-timor, Operasi Penumpasan Gerakan Aceh Merdeka, Operasi SAR, Operasi Kemanusiaan dan sebagai pendukung olah raga Dirgantara.

Helikopter S-58 T Twin Pac tiba di Museum Pusat TNI AU, Yogyakarta, 21/11,2017

Sementara Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Dede Nasrudin mengatakan setelah beberapa dekade mengudara di angkasa Nusantara. Pesawat Sikorsky S-587 Twin Pac telah purna tugas. Pesawat ini merupakan salah satu pesawat Helikopter Angkut yang telah bertugas sejak tahun 1975- 2010. Pesawat tersebut kini menjadi koleksi kebanggaan di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Lanud AdisutjiptoYogyakarta.

Menurutnya, “selain pesawat Twi Pac, empat pesawat lainnya yaitu Cessna 401, Mi-1, Bell 204 Iroquois dan Bell 47 G Soloy akan diresmikan pada awal Desember 2017, oleh orang nomor satu di TNI AU yaitu KSAU. Dengan bertambahnya koleksi pesawa tersebut, maka Muspusdirla hingga akhir tahun ini koleksinya mencapai 60 Pesawat. Semoga bertambahnya koleksi ini akan menjadikan khasanah ilmu pengetahuan, wahana rekreasi dan sumber ilmu pengetahuan bagi generasi mendatang”, papar Kolonel Dede Nasruddin. (Pen Lanud Adisutjipto).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *