Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Batalyon-II Marinir Tembakkan 52 Roket, Latihan di Singkawang

Militer.or.id – Batalyon-II Marinir Tembakkan 52 Roket, Latihan di Singkawang.

Komandan Pasmar-2, Brigjen TNI (Mar) Nuralamsyha  mengecek kesiapan prajuritnya dalam Latihan Raksa Yuda Tahun 2017, dipantai Kura-kura Singkawang, Kalimantan Barat.

Singkawang, Militer.or.id – Batalyon II Marinir berhasil menembakan sebanyak 52 roket dalam 2 hari melakukan latihan tempur pada Sabtu 25 November 2017 di Pantai Kura-kura ke Bukit Bajau Singkawang, Kalimantan Barat.

“Dalam 2 hari latihan ini, kami berhasil menembakan sebanyak 52 roket tepat kesasarannya menggunakan 2 unit Kendaraaan Tempur (Ranpur) Jenis Multi Luanch Rocket Systen (MLRS),” ujar Kepala Dinas Penerangan Lantamal XII Pontianak, Mayor Laut (E) Irawan Tri Budiono di Singkawang.

Mayor Laut (E) Irawan Tri Budiono menjelaskan, latihan tempur tersebut diikuti oleh 36 personel dan dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon (Dayon) Roket II Marinir Jakarta, Letkol (Mar) Wahyudi Latif, Ranpur MLRS dengan 40 laras itu sejak pagi hingga siang berhasil melucurkan roket dari pantai Kura-Kura Desa Karimunting Kabupaten Bengkayang ke markas musuh di Bukit Bajau Bengkayang, atau di yang dikenal dengan kawasan pantai di Singkawang.

“Ini merupakan latihan rutin tahunan pasukan Marinir, dan dipilihnya Kalbar, sebab secara kebetulan di Kalbar akan diresmikian Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanland) XII/Pontianak Pasmar II,” ujar Mayor Laut (E) Irawan Tri Budiono.

Ranpur MLRS itu sendiri mempunyai daya jangkau sekitar 20 kilometer, tetapi pada latihan kali ini dari jarak peluncuran roket ke sasaran hanya berjarak 4,8 kilometer. Sedangkan satu unit Ranpur MLRS itu mampu menghanguskan areal seluas 3 hektare.

Penggempuran Bukit Bajau itu adalah bagian simulasi latihan Raksa Yudha 17, di mana dalam latihan kali ini TNI-AL mengerahkan berbagai Alutsista yaitu :

  1. Kapal perang.
  2. Meriam.
  3. Tank.
  4. Pasukan Intai Amphibi Marinir II.

Latihan tahunan pasukan TNI-AL itu di pusatkan di Pantai Kura-kura mulai tanggal 21 s.d 27 November 2017. Sedangkan puncak kegiatan akan di tutup dengn peresmian Yonmarhanland XII/Pontianak, ujar Mayor Laut (E) Irawan Tri Budiono.

Dalam latihan itu melibatkan TNI-AL yaitu :

  1. Kolinlamil.
  2. Armada Barat.
  3. Marinir.
  4. Puspenerbal.
  5. Pushidrosal.

Latihan ini dimulai dari Jakarta hingga ke tempat sasaran pendaratan ampibi di salah satu wilayah di Kalbar, ujar Kadispen Lantamal XII Pontianak Mayor Laut (E) Irawan Tri Budiono . (Antara-Dispen Kormar).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *