Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

3 Skadron Udara Latihan Bersama di Lanud Rsn

Militer.or.id – 3 Skadron Udara Latihan Bersama di Lanud Rsn.

Danlanud Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A., menyampaikan bahwa latihan ini akan berlangsung hingga 12 Desember 2017 mendatang, dengan melibatkan 15 pesawat tempur.

Pekanbaru, Militer.or.id – TNI Angkatan Udara, yang merupakan bagian dari TNI harus mempunyai kesiapsiagaan tinggi agar dapat menjalankan tugasnya sebagai alat pertahanan negara dengan baik, guna menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan kesiapsiagaan tersebut, di Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn), Pekanbaru, Riau, digelar latihan bertajuk Mission Oriented Training (MOT), yang diikuti oleh tiga Skadron Udara yang terdapat di Lanud Rsn dan Lanud Supadio Pontianak, mulai Senin 27 November 2017

Danlanud Rsn Marsma TNI T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A., menyampaikan bahwa latihan ini akan berlangsung hingga 12 Desember 2017 mendatang, dengan melibatkan 15 pesawat tempur. “Yang terdiri dari lima pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12, lima pesawat F-16 dari Skadron Udara 16, kemudian 5 pesawat Hawk 100/200 Skadron Udara 1, ditambah dengan 1 Helikopter Puma TNI AU”, tambahnya.

Selain itu, tak kurang dari 350 personel juga terlibat dalam latihan ini, yang terdiri dari :

  1. Para penerbang.
  2. Ground crew.
  3. Personel GCI dari beberapa Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional hingga pendukung.

Danlanud juga menyampaikan, latihan ini bertujuan untuk memberikan bekal dan pengalaman serta meningkatkan pemahaman, kemampuan dalam bekerja sama antara penerbang yang mengoperasikan alutsista dengan Platform yang berbeda-beda untuk secara terpadu melaksanakan operasi udara yang memiliki kompleksitas tinggi.

“Disamping itu juga, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dari seluruh Alutsista dan personel yang terlibat didalamnya, mulai dari para penerbang, ground crew hingga personel GCI dan juga pendukung”, jelas Marsma TNI T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A.

Tak lupa, Danlanud Rsn Marsma TNI T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A. juga berpesan kepada seluruh peserta latihan untuk selalu mengedepankan faktor safety dan keamanan serta selalu melakukan cek, re-check and check again agar seluruh rangkaian latihan dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar. (Dispen AU).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *