Skadron Udara I Sukses Latihan Tempur di Lanud RSN

Skadron Udara I Sukses Latihan Tempur di Lanud RSN

Militer.or.id – Skadron Udara I Sukses Latihan Tempur di Lanud RSN.

Pekanbaru, Militer.or.id – Personel Skadron Udara (Skadud) I Elang Khatulistiwa milik Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio (Spo) Pontianak, sukses menggelar latihan dan simulasi perang. Latihan rutin ini diselenggarakan di Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru, Riau.

Latihan ini melibatkan tiga Skadud, yang terdiri dari dua Skadud dari Lanud Rsn Pekanbaru, dan satu Skadud Lanud SPO Pontianak. Latihan gabungan yang mengangkat tajuk Mission Oriented Training (MOT), diselenggarakan dua minggu lamanya, yaitu sejak 27 November – 9 Desember 2017.

“Betul, kami sudah selesai melaksanakan latihan pertempuran di Pekan Baru, Riau. Latihan ini sebagai salah satu cara meningkatkan kemampuan personel,” ujar Komandan Skadud I, Letkol Pnb Agung Indrajaya.

Selain meningkatkan kemampuan personel, latihan gabungan ini digelar untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan seluruh personel, terutama dalam memanfaatkan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI AU.

Pada simulasi pertempuran, baik di udara maupun di darat, latihan gabungan ini melibatkan total 15 pesawat tempur jenis F16 Fighting Falcon dan Hawk 100/200.

“Latihan gabungan ini dijadikan bekal dan pengalaman serta meningkatkan pemahaman, kemampuan bekerja sama antara penerbang yang mengoperasikan alutsista dengan platform yang berbeda, sehingga kemampuan personel semakin meningkat dan dapat melaksanakan operasi udara yang memiliki kompleksitas tinggi,” paparnya.

Adapun tiga Skadud yang terlibat dalam latihan ini terdiri dari Skadud 12 dan 16 Lanud Rsn, serta Skadud 1 Lanud Spo. Lima pesawat Hawk 100/200 dari Skadud 12, lima pesawat F-16 dari Skadud 16, kemudian lima pesawat Hawk 100/200 Skadud 1, ditambah dengan satu unit Helikopter Puma TNI AU.

“Sekitar 350 personel terlibat dalam latihan tersebut, terdiri dari para penerbang, ground crew, personel GCI dari beberapa Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) hingga pendukung lainnya,” tutur Danskadud I.

Letkol Pnb Agung menjelaskan, seluruh peserta latihan gabungan selalu mengedepankan faktor keselamatan dan keamanan. Cek dan re-checkseluruh Alutsista dan vitalitas personel juga jadi perhatiannya, hal ini dilakukan agar seluruh rangkaian latihangabungan berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Komandan Lanud (Danlanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo mengapresiasi peran personel Skadud I Lanud Supadio, yang telah menunjukkan dedikasi dan kerja sama terbaik pada latihan dan simulasi temput MOT tersebut.

“Saya ucapkan selamat datang kembali ke home base di Lanud Supadio. Saya bangga dengan personel yang telah menunjukkan semangat juang yang tinggi,” kata Danlanud.

Marsma Minggit menjelaskan, latihan gabungan tiga Skadud tempur di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, menjadi salah satu cara untuk memperlihatkan kemampuan tempur pasukan udara dalam rangka pertahanan negara di wilayah yang berbatasan dengan Selat Malaka tersebut.

“Latihan tempur gabungan ini memperlihatkan kesiapan TNI AU, yang merupakan bagian dari TNI, dengan kesiapsiagaan tinggi dapat menjalankan tugasnya sebagai alat pertahanan negara dengan baik, guna menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Marsma TNI Minggit. (Dispen AU).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *