Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

TB Hasanuddin: Wakasau Berpeluang Besar Jadi KSAU

Militer.or.id – TB Hasanuddin: Wakasau Berpeluang Besar Jadi KSAU.

dok.Marsda TNI Yuyu Sutisna Dilantik Menjadi Wakasau (Militer.or.id)

Jakarta, Militer.or.id – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin berpandangan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Yuyu Sutisna memiliki peluang besar menjadi KSAU menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang telah dilantik menjajdi Panglima TNI.

Menurut Tubagus Hasanuddin pada Senin 11 Desember2017 di Jakarta, setelah KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Panglima TNI maka penunjukan KSAU penggantinya adalah kewenangan Panglima TNI melalui Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin, mengatakan hal tersebut di Gedung MPR/DPR/DPD RI, ketika ditanya soal pengisian jabatan KSAU yang masih dirangkap oleh Marsekal Hadi Tjahjanto. Menurut TB Hasanuddin, untuk pengisian jabatan KSAU setelah KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto dilantik Presiden menjadi Panglima TNI akan diserahkan kepada Panglima TNI.

“Panglima TNI tentu akan memilih KSAU baru melalui Wanjakti. Untuk jabatan di bawah Panglima TNI, Komisi I DPR RI tidak ikutan lagi,” katanya. Tubagus Hasanuddin yang mantan Sekretaris Militer pada era Presiden Megawati Soekarnoputri ini menambahkan, syarat untuk menjadi KSAU adalah bintang tiga, salah satu di antaranya adalah Wakasau.

Menurut TB Hasanuddin, jabatan KSAU adalah marsekal dan untuk menjadi marsekal yang bintang 4 maka harus dari bintang 3. Hasanuddin berpandangan, Marsekal Madya (Mardya) yang masa pensiunnya masih agak panjang dan berada di posisi yang paling tepat adalah Wakasau.

Wakasau Marsekal Madya (Marsdya) TNI Yuyu Sutisna dikenal dekat dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan keduanya berasal dari angkatan kelulusan yang sama, yakni Akabri Udara tahun 1986.

Yuyu Sutisna memiliki karir cemerlang, setelah lulus sebagai perwira dari Akabri AU tahun 1986, dia menjadi penerbang pesawat tempur Tiger F-5 di Lanud Iswahyudi Madiun, Jawa Timur, hingga menjadi Komandan Lanud Iswahuyudi.

Karir selanjutnya adalah, Wakil Asisten Operasi KSAU dan Staf Khusus KSAU. Yuyu juga meraih predikat lulusan terbaik pada pendidikan Sesko TNI AU pada 2010 serta pada pendidikan PPSA Angkatan XIX pada 2013. (Antara).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *