Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Lanud Leo Watimena Uji Fungsi dan Training AWOS

Militer.or.id – Lanud Leo Watimena Uji Fungsi dan Training AWOS.

Lanud Leo Watimena dan tim Mabes AU, Uji Fungsi dan Training AWOS

Morotai, Militer.or.id – Untuk mendukung kelancaran dan memberikan kontribusi dalam keselamatan penerbangan di Bandar Udara Leo Wattimena Morotai, Maluku Utara. Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Leo Wattimena bersama dengan tim Mabes TNI AU melaksanakan uji fungsi dan training Automatic Weather Observasion System (AWOS) di Run Way Bandar Udara Leo Wattimena pada hari kamis, tanggal 14 Desember 2017.

Menurut Komandan Lanud Leo Wattimena Kolonel Pnb Rachmad Syah Lubis, S.T.,M.Sc. bahwa AWOS merupakan alat pengamatan cuaca otomatis yang ditempatkan di bagian-bagian tertentu di landasan pacu di suatu bandara, pemasangan dan uji fungsi AWOS ini sesuai dengan Kepres RI. No. 63 tahun 2004 tentang penggunaan obyek vital nasional serta SKB 3 Menteri tentang pengaturan penggunaan bersama pangkalan udara dan bandar udara.

Lebih lanjut Komandan menyampaikan bahwa kedatangan tim dari Mabes TNI AU ini dalam rangka untuk menguji kelayakan alat yang baru selesai diinstal serta untuk mengetahui cara bekerja, apakah alat ini sudah berfungsi dan dapat digunakan dalam mendukung kegiatan penerbangan di Morotai dengan baik. Ungkapnya.

Lanud Leo Watimena dan tim Mabes AU, Uji Fungsi dan Training AWOS

Kolonel Rachmad Syah Lubis menambahkan dalam pernyataannya dengan adanya AWOS di bandar udara Leo Wattimena ini dapat mendukung kelancaran penerbangan, alat ini akan berfungsi secara otomatis untuk membantu pengamanan atau observasi cuaca lebih lengkap, sehingga memberikan informasi yang sangat dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan take off and landing ( Lepas landas dan Pendaratan) sebuah pesawat di landasan pacu dengan aman.

Saya berharap dengan telah dipasang dan berfungsinya Alat ini (AWOS) kegiatan penerbangan di bandar udara Leo Wattimena Morotai akan semakin aman dan lancar serta terhindar dari accident maupun incident. Saya juga berharap kedepan penerbangan menuju Pulau Morotai akan semakin ramai serta banyak wisatawan berkunjung ke pulau ini, sehingga perekonomian akan meningkat, kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pulau Morotai akan semakain baik. Harap DanLanud.

Pada pelaksanaan uji fungsi dan training Automatic Weather Observasion System (AWOS) di bandar udara Leo Wattimena Tim dari Mabesau terdiri dari beberapa dinas yang terkait yaitu Disbangopsau, Disadaau dan Dislambangjaau didampingi dari Lanud Leo Wattimena Kadispers Lanud Leo Wattimena Letkol Adm Kubais Baraham, DanSatpom Lanud Leo Wattimena Mayor Pom Torang Putra Wijaya, Kasubsimeteo Lanud Leo Wattimena Letda Sus Andy Cahyono dan Kasubsi PLLU Lanud Leo Wattimena Letda Lek Baju Wijaya. (Pen Lanud Leo Wattimena).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *