Israel Tewaskan 4 Demonstran Palestina

Israel Tewaskan 4 Demonstran Palestina

Militer.or.id – Israel Tewaskan 4 Demonstran Palestina.

Unjuk Rasa di Kota Ramallah menentang keputusan Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. (Hamas Movement)

Gaza, Militer.or.id – Tentara-tentara Israel menewaskan 4 warga Palestina dan luka-luka lebih dari 150 lainnya dengan serangkaian tembakan senjata, pada Jumat 15 Desember 2017, sementara unjuk rasa menentang pengakuan Presiden AS Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel memasuki pekan kedua.

Sebagian besar korban berjatuhan di perbatasan Jalur Gaza, tempat ribuan warga Palestina berkumpul untuk melemparkan batu-batu ke arah para tentara Israel di seberang pagar benteng. Kalangan medis mengatakan 2 pengunjuk rasa, yang salah satunya menggunakan kursi roda, tewas dan 150 orang mengalami luka.

Di Tepi Barat yang diduduki Israel wilayah yang juga diinginkan Palestina menjadi bagian dari negara independennya di masa depan bersama Yerusalem Timur, sumber medis mengatakan dua penentang terbunuh dan 10 lainnya terluka karena tembakan Israel.

Salah satu warga yang tewas, menurut pasukan kepolisian Israel, ditembak setelah ia menusuk salah seorang anggota unit kepolisian tersebut. Saksi mata untuk Reuters mengatakan warga Palestina itu membawa sebuah pisau dan mengenakan sesuatu yang tampak seperti sabuk bom. Sementara itu, petugas medis Palestina yang membantu mengevakuasi pria tersebut mengatakan bahwa sabuk yang dikenakannya itu palsu.

Palestina, dan dunia Arab serta Muslim secara luas, tersulut dengan pengumuman Trump pada 6 Desember 2017, yang membalikkan kebijakan berpuluh-puluh tahun AS atas Yerusalem.Israel dan Palestina sama-sama menginginkan kota itu menjadi wilayah kedaulatannya.

Sekutu-sekutu Washington di Eropa dan Rusia juga menyuarakan kekhawatiran mereka atas keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Militer Israel mengatakan bahwa, pada Jumat 15 Desember 2017, ada sekitar 3.000 warga Palestina yang berdemonstrasi di dekat pagar perbatasan Gaza.

Di Tepi Barat, militer Israel mengatakan sekitar 2.500 warga Palestina mengambil bagian dalam kerusuhan dengan menggulingkan ban-ban terbakar, melempari para tentara dan polisi perbatasan dengan batu-batu.

Israel merebut Yerusalem Timur, yang dipenuhi dengan tempat-tempat ibadah kalangan Yahudi, Muslim dan Kristen, dari Jordania pada perang 1967. Israel kemudian mencaplok wilayah itu, langkah yang tidak disetujui masyarakat internasional.

Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negaranya di masa depan. Para pemimpin Palestina mengatakan pengakuan Presiden Donald Trump atas Yerusalem itu sebagai masalah serius terhadap proses perdamaian, yang hampir mati. (Antara/Reuters)

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *