Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

TNI AL Dukung Pemerintah Wujudkan Poros Maritim

Militer.or.id – TNI AL Dukung Pemerintah Wujudkan Poros Maritim.

TNI AL menggelar  FGD yang membahas tentang Peran TNI AL Mendukung Percepatan Program Pemerintah Dalam Pengembangan Infrastruktur dan Konektivitas Maritim Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia.

Jakarta, Militer.or.id – TNI Angkatan Laut menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang Peran TNI AL Mendukung Percepatan Program Pemerintah Dalam Pengembangan Infrastruktur dan Konektivitas Maritim Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia, yang dibuka oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A. Taufiq R., pada Senin 18 Desember 2017 di Wisma Elang Laut (WEL), Jakarta Pusat.

Kegiatan Focus Group Discussion  dibuka dengan Keynote Speech dari Menko Maritim RI, Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, serta pembicara Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi.

Kegiatan ini dibuka dengan Keynote Speech dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) RI, Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, serta pembicara Menteri Perhubungan (Menhub) Ir. Budi Karya Sumadi. Pada penyelenggaraan FGD ini mengangkat tema “Melalui Pengembangan Infrastruktur dan Konektivitas Maritim Kita Tingkatkan Peran TNI AL Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang dibacakan oleh Wakasal pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa, dua pertiga wilayah Indonesia adalah lautan, dimana disitulah sumber kesejahteraan Rakyat Indonesia. Perairan nasional merupakan sumber daya yang sangat besar bagi kemakmuran bangsa di masa depan bila dikelola dengan baik.

Pada penyelenggaraan Focus Group Discussion ini mengangkat tema “Melalui Pengembangan Infrastruktur dan Konektivitas Maritim Kita Tingkatkan Peran TNI AL Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

“Peluang dan harapan tersebut akan pupus jika kita tidak mampu mengamankan dan melindungi wilayah laut dari pemanfaatan pihak-pihak tertentu demi kepentingan mereka sendiri”, ungkap Kasal dalam amanat yang dibacakan Wakasal Laksamana Madya TNI A. Taufiq R .

Lebih lanjut menurutnya, FGD ini digelar untuk membahas peran TNI AL mendukung percepatan program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim. “Diharapkan setiap peserta dapat memberikan masukan yang konstruktif bagi TNI AL dalam mendukung kebijakan pemerintah yang mengacu pada lima pilar poros maritim dari berbagai aspek”, jelas Kasal.

Dalam amanat Kasal, yang dibacakan oleh Wakasal Laksamana Madya TNI A. Taufiq R pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa, dua pertiga wilayah Indonesia adalah lautan, dimana disitulah sumber kesejahteraan Rakyat Indonesia.

Kegiatan yang digelar selama satu hari ini, diikuti sebanyak 170 orang peserta yang terdiri dari narasumber, maupun perwakilan Perwira dari tiap-tiap Satuan TNI AL. Bertindak selaku Pemapar Naskah FGD yaitu Kolonel Laut (P) Aris Cahyono dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), dengan Moderator acara yaitu Dr. Ir. Kusno Anggoro.

Hadir pada Focus Group Discussion tersebut diantaranya adalah :

  1. Para pejabat utama Mabesal.
  2. Para pimpinan Kotama TNI AL wilayah Jakarta.
  3. Para Kepala Dinas di jajaran Mabesal Jakarta.
  4. Pejabat terkait lainnya.

(Dispenal)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *